Berita

Delegasi Pendidikan Arab Saudi Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Unand

×

Delegasi Pendidikan Arab Saudi Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Unand

Sebarkan artikel ini
Rektor Unand Prof Yuliandri menyambut rombongan delegasi pendidikan Kerajaan Arab Saudi. [Foto: Dok. Humas Unad]

Padang, Padangkita.com – Delegasi Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi berkunjung ke Universitas Andalas (Unand) untuk menjajaki sejumlah peluang kerja sama, Selasa (14/2/2023).

Rombongan yang dipimpin oleh Asisten Deputi Menteri Kerja sama Internasional Kerajaan Arab Saudi Dr. Abdulrahman Ali Al-Amri beserta, diterima Rektor Unand Prof. Yuliandri dan pimpinan Unand di Ruang Sidang Senat Lantai IV Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis.

Dalam delegasi tersebut juga ikut Dr Sami Al-Harbi, dari Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi dan 4 perwakilan universitas Arab Saudi.

Yakni, Prof. Dr. Hassan Bukhari daru Universitas Ummul Quran, Dr. Ibrahim Al-Shaedi dari Universitas Islam Madinah, Dr. Asmaa Al-Hammadi dari Saudi Electronic University, Dr. Bander Alalaam dari Institut Sains Islam dan Arab.

Kemudian, hadir pula Kamal Al-Wathinani dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, dan Abdullah Alguraini dari Institut Sains Islam dan Arab.

Dr. Abdulrahman Ali Al-Amri mengungkapkan Unand merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia, oleh karena itu pihaknya tertarik untuk melakukan kerja sama.

Ia menyampaikan dalam delegasi Arab Saudi yang datang ke Universitas Andalas (Unand) terdapat pimpinan dari 4 universitas di Arab Saudi.

“Namun mereka mewakili semua universitas di negaranya, baik negeri maupun swasta,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, saat ini di Arab Saudi terdapat 29 universitas negeri dan 34 universitas Swasta yang siap untuk menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas (Unand).

“Di sini kami bermaksud melanjutkan kerja sama dalam mencari potensi-potensi untuk memperkuat hubungan, dan juga potensi dalam pengembangan pendidikan dari berbagai sisi, baik itu dari sisi teknologi, riset ilmiah, maupun penemuan baru untuk meningkatkan pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas (Unand) Prof. Yuliandri menyatakan siap untuk melakukan kolaborasi bersama Kementerian Pendidikan Arab Saudi dalam pengembangan kualitas pendidikan di berbagai bidang, serta inovasi untuk pengembangan riset dan teknologi.

“Universitas Andalas siap bersama-sama berkolaborasi untuk kemudian dapat melakukan pengembangan, baik dalam bidang pendidikan, bidang penelitian, dan bidang lain yang berkaitan dengan inovasi untuk pengembangan riset dan teknologi,” ungkap Rektor Yuliandri.

Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan kampus Universitas Andalas (Unand) dan diskusi mengenai harapan pengembangan pendidikan serta potensi kerja sama yang dapat terwujud di masa depan antara kedua belah pihak. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News