Daftar Kepala Daerah Termuda di Sumatra Barat, Ada yang 2 Periode

Penulis: Sonia

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Daftar anak muda Sumatra Barat (Sumbar) yang berhasil menjadi kepala daerah di tingkat kabupaten, kota ataupun provinsi.

Padang, Padangkita.com – Tidak sedikit anak muda di Indonesia yang berkecimpung di kancah politik. Begitu pula di Sumatra Barat (Sumbar). Beberapa di antara mereka bahkan berhasil menjadi kepala daerah di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Berikut ini Padangkita.com rangkum nama-nama kepala daerah termuda di SumbR dengan rentang umur 31 tahun sampai 38 tahun. Siapa saja mereka?

Sutan Riska Tuanku Kerajaan, 31 Tahun

Sutan Riska Tuanku Kerajaan menjadi salah seorang bupati termuda di Indonesia. Ia dilantik menjadi Bupati Dharmasraya pada 2016 lalu saat usianya 26 tahun dan ia melanjutkan kepemimpinan Kabupaten Dharmasraya dalam periode kedua. Beberapa waktu lalu, ia resmi terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) periode 2021-2026.

Fadly Amran, 33 Tahun

Fadly Amran menjadi Wali Kota Padang Panjang saat umurnya menginjak 31 tahun pada 2018 lalu. Sebelum menjadi orang pertama di Padang Panjang, Fadly Amran memiliki latar belakang pengusaha. Ia punya usaha dalam bidang pusat kebugaran di Padang. Saat Pilkada 2018 ia tercatat sebagai kandidat terkaya dengan kekayaan sebanyak Rp77,9 miliar.

Ramadhani Kirana Putra, 33 Tahun

Ramadhani Kirana Putra menjadi pasangan petahana Zul Elfian sebagai Wakil Wali Kota Solak periode 2021-2024. Berusia 33 tahun, dirinya banyak menjadi pembahasan hangat di kalangan politisi dan masyarakat. Meski tergolong masih muda sebelumnya pria yang disapa Dhani itu pernah menjadi anggota DPRD Kota Solok.

Rizki Kurniawan Nakasri, 34 Tahun

Rizki Kurniawan Nakasri menjadi Wakil Bupati Limapuluh Kota periode 2021-2024 saat usianya menginjak 34 tahun. Pernah menempuh pendidikan di Fakultas Sastra Universitas Andalas dan aktif dalam kegiatan lembaga dakwah kampus. RKN memiliki latar belakang pengusaha, sebelum menjadi Wakil Bupati ia memimpin 6 perusahaan yang didirikannya.

Erman Safar, 34 Tahun

Erman Safar dilantik sebagai Wali Kota Bukittinggi periode 2021-2024 saat usianya 34 tahun. Ia menjadi wali kota termuda dalam sejarah pemerintahan Kota Bukittinggi. Erman Safar memiliki latar belakang sebagai pengusaha di bidang properti. Ia mulai berwirausaha sejak menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran.

Benny Dwifa Yuswir, 35 Tahun

Benny Dwifa Yuswir dilantik sebagai Bupati Kabupaten Sijunjung pada Februari lalu, saat usianya menginjak 35 tahun. Ia menggantikan sang ayah, Yuswir Arifin yang menjadi Bupati Sijunjung selama 2 periode. Latar belakang Benny adalah seorang birokrat, jabatan terakhir yang diampunya sebagai Kepala Bappeda Sijunjung.

Audy Joinaldy, 37 Tahun

Audy Joinaly menjadi pasangan Mahyeldi Ansharullah sebagai Wakil Gubernur Sumatra Barat. Saat dilantik Audy berusia 37 tahun. Karena usianya yang tergolong muda, alih-alih disapa bapak, ia dipanggil dengan panggilan Uda (kakak). Ia memiliki latar belakang sebagai pengusaha di bidang pertanian dan peternakan.

Richi Aprian, 37 Tahun

Richi Aprian menjadi pasangan Eka Putra sebagai Wakil Bupati Tanah Datar. Ia dilantik pada Februari lalu saat masih berusia 37 tahun. Richi memiliki latar belakang sebagai pengacara dan pengusaha. Selain itu, ia juga pernah menjadi tenaga ahli Komisi III DPR RI.

Rudi Hariyansyah, 38 Tahun

Rudi Hariyansyah menjadi pasangan Rusma Yul Anwar sebagai Wakil Bupati Pesisir Selatan. Saat ini ia berusia 38 tahun. Rusdi memiliki latar belakang sebagai apoteker. Sebelumnya berkarir di BUMN Kimia Farma dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Wilayah PT Kimia Farma. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

 

Terpopuler

Add New Playlist