Daftar Daerah dengan Persentase Penduduk Milenial Terendah dan Tertinggi di Sumbar

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data terbaru persentase penduduk milenial menurut kabupaten/kota (daerah) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berdasarkan hasil SP 2020.

Data yang update bulan Maret tersebut menunjukkan, dari 19 daerah di Sumbar,  7 daerah diantaranya memiliki persentase jumlah penduduk milenial yang terbilang rendah.

Sekadar informasi, istilah generasi millennial memang sedang akrab terdengar. Istilah tersebut berasal dari millennials yang diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya. Millennial generation atau generasi Y juga akrab disebut generation me atau echo boomers. Secara harfiah memang tidak ada demografi khusus dalam menentukan kelompok generasi yang satu ini.

Dari total jumlah penduduk Sumbar di 2021, sebanyak 5.580.232 jiwa, hasil survei 2021, Kota Padang Panjang dengan 1,02 persen, berada di urutan terendah jumlah persentase penduduk milenial di Sumbar.

Padang Panja termasuk sebuah kota kecil yang hanya terdiri dari dua kecamatan. Kota ini hanya berpenduduk 56.971 jiwa. Dengan total tersebut penduduk milenial Padang Panjang hanya sekitar 5.700 jiwa saja.

Selanjutnya, di atas Kota Padang Panjang, daerah dengan persentase penduduk milenial cukup rendah selanjutnya adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kota Payakumbuh. Selanjutnya Kabupaten Solok Selatan, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Dharmasraya dan Kabupaten Pasaman.

Sementara itu, untuk daerah dengan persentase penduduk milenial tertinggi Kota Padang, dengan jumlah 16,63 persen. Diketahui jumlah penduduk Kota Padang merupakan yang tertinggi di Sumbar, mencapai 913.448 jiwa. Berdasarkan total tersebut, jumlah penduduk milenial Kota Padang berada di angka 151.831 jiwa.

Baca Juga: Daerah dengan Persentase Penduduk Miskin Tertinggi dan Terendah di Provinsi Sumbar

Terkait data penduduk milenial nasional, hasil SP2020 mencatat mayoritas penduduk Indonesia didominasi oleh Generasi Z (lahir pada tahun 1997 – 2012) dan Generasi Milenial (lahir pada tahun 1981 – 1996). Proporsi Generasi Z sebanyak 27,94 persen dari total populasi dan Generasi Milenial sebanyak 25,87 persen. Kedua generasi ini termasuk dalam usia produktif yang dapat menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.  [isr]

Terpopuler

Add New Playlist