Cara Istirahat yang Benar Menurut Psikologi, Anda Berani Coba!

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Menurut kamu, istirahat kamu selama ini sudah maksimal belum? Atau kamu tipe orang yang sudah tidur seharian tapi masih merasa capek.

Istirahat merupakan satu hal yang penting agar kamu tetap produktif dalam bekerja dan dapat menghindari stres. Lalu bagaimana cara untuk istirahat yang benar? berikut ulasan Padangkita.com.

Banyak yang belum tahu, jika anda menganggap tidur adalah istirahat, itu tidak sepenuhnya benar. Tidur hanyalah salah satu jenis cara untuk istirahat. Tidur hanyalah salah satu cara untuk mengistirahatkan fisik.

Menurut dr Saundra Dalton Smith, ada beberapa bentuk istirahat. Yang pertama adalah physical rest atau istirahat fisik. Physical rest bisa didapat dari tidur.

Istirahat yang kedua adalah mental rest, yakni mengosongkan sejenak pikiran-pikiran yang ada atau mengeluarkan beban pikiran yang ada, diantaranya dengan menulis sesuatu.

Lalu cara istirahat yang ketiga adalah sensory rest atau bisa diartikan kita perlu mengistirahatkan indra-indra kita dari segala aktifitas, seperti mata dan telinga.

Selanjutnya emotional rest alias istirahat secara emosi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meluangkan waktu dan ruang buat diri anda untuk mengekspresikan perasaaan. Simpelnya, mengizinkan diri anda untuk memproses emosi yang anda rasakan. Misalnya kesal dan senang, dapat anda expresikan dengan cara anda sendiri.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Ini Bikin Semangat Kerja, Cocok untuk Sarapan!

Baca Juga: Bicara Soal Pemimpin Indonesia, Trimedya: Mbak Puan Tipe Pemimpin yang Tak Suka Sandiwara

Cara istirahat yang kelima adalah sosial rest. Sebagian dari anda tentu pernah merasakan capek dari kehidupan sosial masing-masing. Cara untuk ini adalah mengelilingi diri anda dengan orang-orang yang bisa memberi dampak positif. Atau anda bisa juga melakukan istirahat total dari interaksi sosial dengan memberikan waktu untuk diri anda sendiri.

Kelima hal tersebut dapat memberikan istirahat bagi anda secara fisik, mental, panca indra, emosional dan sosial. Bagaimana, anda mau mencoba? [isr]

Terpopuler

Add New Playlist