Capaian Vaksinasi Covid-19 di Pasbar Masih Rendah, Ini Persoalannya

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Rendahnya pencapaian vaksinasi di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) diduga disebabkan masih banyaknya berita atau informasi hoaks.

Hal itu diakui oleh Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pasbar, Gina Alecia.

“Masyarakat masih percaya dengan berita hoaks yang beredar. Di mana mereka meyakini bahwa vaksinasi itu bisa berdampak terhadap kesehatan mereka, padahal itu semua tidaklah benar,” kata Gina Alecia di Simpang Empat kepada Padangkita.com, Kamis (30/9/2021).

Menurutnya, hal itu sangatlah merugikan masyarakat itu sendiri. Karena kenyataannya vaksinasi itu bertujuan untuk memperkuat imunitas tubuh seseorang, sehingga lebih kuat ketika seandainya terpapar Covid-19.

“Kita sampaikan bahwa vaksinasi ini bertujuan untuk memperkuat imun, bukan sebaliknya. Bahkan ketika seseorang itu sudah divaksin dan kemudian ia terkena Covid-19, maka ia akan mudah dan lebih cepat sembuh ketimbang yang belum ikut vaksin,” jelasnya.

Terkait dengan hal ini, Gina mengakui bahwa pihak pemerintah kabupaten terus melakukan sosialisasi dan edukasi terkait dengan vaksinasi ini. Menurutnya hal itu dilakukan melalui imbauan di media massa, baliho dan juga secara tatap muka.

“Melalui pemerintah terus kita berikan edukasi, bagaimana agar masyarakat itu paham dan mengerti akan pentingnya vaksinasi tersebut,” ucapnya.

Kemudian, saat ini juga tengah dilakukan vaksinasi ditingkat peserta didik, mulai dari siswa sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat.

“Untuk saat ini perharinya kita melakukan vaksinasi sekitar 500 hingga 600 orang. Jumlah itu masih jauh dari yang kita harapkan. Kedepannya kita harap masyarakat lebih paham dan mengerti akan pentingnya vaksinasi ini,” pungkas Gina.

Baca juga: Stok Mencukupi, Pemkab Pasbar Terus Genjot Capaian Vaksinasi

Ia juga terus mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan serta melakukan vaksinasi Covid-19. [rom/pkt]

Terpopuler