Stok Mencukupi, Pemkab Pasbar Terus Genjot Capaian Vaksinasi

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terus menggenjot pencapaian target vaksinasi Covid-19 di daerah itu dengan meningkatkan koordinasi bersama TNI dan Polri.

“Kita terus melakukan langkah percepatan vaksinasi Covid-19, baik itu yang dilakukan bersama-sama dengan TNI dan Polri maupun oleh instansi terkait seperti pelaksanaan vaksin terhadap peserta ujian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K),” kata Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto di Simpang Empat, Kamis (23/9/2021).

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi jadwal vaksinasi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika serta turun langsung ke sekolah-sekolah untuk melaksanakan vaksinasi.

Kemudian, Risnawanto juga meminta kepada masyarakat agar meningkatkan kesadaran untuk melakukan vaksinasi dan tes swab sebagai langkah mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19.

Selain itu, juga untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi keluar rumah.

“Meskipun ada kecendrungan penurunan kasus satu minggu terakhir. Namun masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Jon Hardi mengatakan bahwa ketersediaan vaksin untuk mensukseskan program vaksinasi massal ini masih cukup.

“Jumlah stok di instansi farmasi Kabupaten Pasaman Barat saat ini ada sebanyak 14.244 dosis. Vaksin Sinovac 6.474 dosis dan vaksin moderna 7.770 dosis,” ucapnya.

Dijelaskan, untuk vaksin moderna sebanyak 7.770 dosis ini hanya diperuntukkan untuk setengah dari jumlah dosis yang tersedia. Artinya, jumlah dosis itu sudah untuk vaksin pertama dan vaksin kedua.

“Kemungkinan vaksin moderna hanya ini yang terakhir karena informasinya sampai Desember 2021 vaksin ini tidak keluar lagi. Sedangkan vaksin Sinovac terus datang setiap minggunya,” pungkasnya. [rom/pkt]

Terpopuler