Burger Cinta dari Ubi Jalar Produk Wirausaha Mahasiswa Unand Juara 3 KMI Award 2022

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Olahan ubi jalar menjadi burger membawa tim wirausaha mahasiswa Burger Cinta (Bucin) Universitas Andalas (Unand) meraih juara 3 dalam ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia atau KMI Award 2022.

Tim Bucin Unand ini berhasil menyingkirkan lebih dari 1.000 peserta dari 400 universitas di Indonesia. Mereka juga menerima bantuan pendanaan sebesar Rp25 juta.

Wirausaha mahasiswa Unand ini hanya kalah dari tim IPB University dan Universitas Gajah Mada (UGM), yang meraih juara 1 dan juara 2. Adapun KMI Award diselenggarakan di UPN Veteran Jawa Timur (Jatim) pada 22-25 November 2022.

Tim Bucin Unand beranggotakan mahasiswa Ifan Arenza, Syahiratul Aini, dan Arif Maulana. Mereka didampingi Ma’ruf PhD yang juga wakil dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unand.

“Mereka berhasil menjuarai KMI Award tersebut melewati berbagi proses kompetisi dimulai dari seleksi proposal pada enam bulan dalam pendanaan P2MW hingga Rp25 juta,” ujar Kepala UPT Kewirausahaan Unand Dr. Oknovia Susanti.

Oknovia menjelaskan, seleksi tim diawali pada tingkat Unand oleh UPT Kewirausahaan. Awalnya ada empat tim yang lolos. Setelah program berjalan 6 bulan, dilanjutkan seleksi keuangan serta proposal agar bisa mengikuti KMI Award 2022 di Surabaya.

“Akhirnya pada Oktober diputuskan tim ini (Bucin) berhak dan layak ikut kompetisi KMI Award 2022 ini,” ujarnya sebagaiman dikutip Padangkita.com dari sistus resmi Unand, Rabu (30/11/2022).

Oknavia menjelaskan KMI Award dan KMI Expo merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Direktorat Belmawa, Ditjen Diktiristek, Kemendikbudristek. Ada 400 universitas seluruh Indonesia dengan total peserta mencapai 1.500 tim.

“Peserta adalah saringan dari 1.000 proposal wirausaha yang masuk ke Belmawa, di mana masing-masing universitas boleh mengirimkan proposal maksimum enam proposal, satu proposal terdiri dari 3 – 4 orang mahasiswa,” ujarnya.

KMI Award menjadi ajang apresiasi dan anugerah kepada wirausaha mahasiswa yang lolos seleksi P2MW setelah pendanaan hingga Rp25 juta.

“Artinya peserta yang ikut KMI Award adalah mereka yang berhasil lolos P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) dengan pendanaan hingga Rp25 juta, dan lolos seleksi keuangan serta proposal hingga dapat menjadi peserta KMI Award,” terangnya.

Baca juga: 7 Tim Unand Berlaga di PIMNAS 2022, Ini Daftar Mahasiswa dan Karya Mereka  

Sementara itu, Ifan Arenza menyebutkan usaha Burger Cinta dengan patty ubi jalar bertujuan meningkatan kesejahteraan petani ubi jalar dan membuka lapangan pekerjaan di Indonesia. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist