7 Tim Unand Berlaga di PIMNAS 2022, Ini Daftar Mahasiswa dan Karya Mereka  

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Universitas Andalas (Unand) mengirim tujuh tim untuk berkompetisi pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 yang akan diselenggarakan di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), 30 November-3 Desember mendatang.

Bagim tim mahasiswa yang meraih prestasi pada ajang tersebut, Unand berjanji akan memberikan reward.

Tujuh tim tersebut merupakan mahasiswa yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Karsa Cipta (PKM-KC), Riset Eksakta (PKM-RE), dan Penerapan Iptek (PKM-PI). Ketujuhnya merupakan tim yang berhasil melaju ke tingkat nasional dari total 12 tim yang didanai Unand.

“Kunci untuk memenangkan perlombaan adalah team work, memperkuat kinerja team work, selama ini, team work yang mungkin masih agak kurang. Selain itu, perlu juga meningkatkan kepercayaan diri antartim,” ujar Direktur Kemahasiswaan Unand Khandra Fahmy PhD dalam rapat persiapan kontingen Unand ke PIMNAS 2022, Senin (28/11/2022).

Pada kegiatan PIMNAS kali ini, indikator penilaian yang akan dikejar oleh setiap tim yang bertanding adalah presentasi, poster, dan juga publikasi. Mereka akan memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu bersama 367 tim PKM se-Indonesia.

Khandra menegaskan, Unand juga akan memberikan reward bagi para mahasiswa yang berprestasi nasional, juga kepada para dosen pembimbing PKM itu sendiri.

“Kita akan berikan reward, sehingga iklim prestasi mahasiswa dapat hidup. (Sebab) prestasi mahasiswa itu sendiri juga dapat membantu meningkatkan akreditasi kampus,” ujarnya.

Baca juga: Tikungan Tajam Sitinjau Lauik Jadi Inspirasi, Tim Unand Raih Juara 2 Gemastik 2022

Berikut daftar tujuh tim PKM Unand yang lolos PIMNAS ke-35 tahun 2022:

  1. Asriyani Fitnaisy (PKM-PI), judul karya: “Peningkatan Kinerja UMKM Kerupuk Jengkol di Kota Padang dengan Implementasi Alat Penumbuk Jengkol Mekanis”.
  2. Fadhil Elrizanda (PKM-KC), judul karya: “Sistem Monitoring Kandang Ayam Berbasis Computer Vision dan IoT sebagai Solusi Cepat Pendeteksian Penyakit dan Kematian Ayam Broiler”.
  3. Qolbi Al- Zikri (PKM-KC), judul karya: “Pemanfaatan Media Strip dengan Teknologi Light Dependent Resistor Berbasis Mikrokontroler”.
  4. Rezza Fiqrathul Putra (PKM-PI), judul karya: “Penerapan Teknologi Filtrasi Upflow Anaerobic pada Limbah Detergen guna Mengurangi Pemborosan Air dan Pencemaran Lingkungan Upaya Pengefisienan UMKM Laundry Halona”.
  5. Rifky Farhan Sunar (PKM-RE), judul karya: “Pembuatan Nanokomposit Hidroksiapatit/Co0,1Zn0,9Fe2O4 dengan Memanfaatkan Limbah Cangkang Kerang Pensi sebagai Sumber Caco3 untuk Remediasi Polutan dalam Air Limbah”.
  6. Salsabila Putri Khairani (PKM-RE), judul karya: “Aktivitas Antikanker dan Induksi Apoptosis Ekstrak Biji Kapulaga (Amomum Cardamomum) terhadap Kultur Sel Kanker Payudara dan Sel Kanker Servix”.
  7. Thaharah Alifa Aziz Yenuar (PKM-RE), judul karya: “Potensi Antioksidan, Antibakteri dan Sitotoksik Minyak Atsiri yang Diisolasi dari Daun Tanaman Pucuk Merah (Syzygium Oleana)”. [*/pkt] 

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist