Bupati Pasbar Hamsuardi : Pemda akan Fasilitasi Transformasi STIH dan STIE Jadi Universitas 

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Rina Akmal

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Rencana transformasi STIH dan STIE menjadi Universitas disabut baik Pemda

Simpang Empat, Padangkita.com– Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menyambut baik dan berjanji akan membantu memfasilitasi agar Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman (Yappas) segera menjadi Universitas.

Rencana transformasi STIH dan STIE Yappas menjadi Universitas terus mendapatkan respon positif dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah.

Hal tersebut diketahui saat Bupati Hamsuardi didampingi Sekretaris Daerah Yudesri ketika menerima kunjungan silaturahmi Yayasan Pendidikan Pasaman di Ruang Kerjanya.

Sekda Pasbar, Yudesri mengatakan Pemda menyambut baik rencana dari Yappas yang akan membuka universitas di Pasaman Barat, dan ia berjanji akan membantu memfasilitasi percepatan pembangunannya.

“Sesuai instruksi Bupati kepada kami bersama dengan Asisten I Bidang Pemerintahan untuk membantu fasilitasi rencana transformasi ini,” katanya kepada Padangkita.com, Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, apabila hal ini tercapai, tentu akan sangat menguntungkan bagi Pasaman Barat.

Menurut Yudesri, keuntungan yang paling utama adalah mudahnya bagi generasi muda Pasbar untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Walaupun saat ini sudah ada beberapa sekolah tinggi, namun terkadang ada generasi muda yang menginginkan jurusan lain.

“Apabila sudah berdiri universitas tentu pilihan jurusan nantinya akan bervariasi seperti halnya universitas yang telah terdahulu ada, maka generasi muda tidak lagi harus jauh-jauh kuliah ke luar daerah,” ungkapnya.

Selain itu, nantinya Pasbar yang dikenal dengan nama Kota Sawit ini juga akan semakin dikenal oleh daerah lain, karena tidak tutup kemungkinan nantinya putra-putri daerah lain juga akan belajar di Pasbar.

“Dengan harapan itulah Pemda akan mendorong dan memfasilitasi agar pembangunan universitas ini bisa segera terlaksana,” pungkasnya.

Terpisah, Pembina Yayasan Yappas, Yusuf Lubis yang juga merupakan mantan Bupati Pasaman ini menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan baik dan dukungan yang diberikan Pemda terhadap rencana mendirikan Universitas tersebut.

“Semoga dengan kebersamaan kita semua, tujuan dan rencana kita untuk mendirikan Universitas ini bisa segera terlaksana. Apalagi karena memang visi dan misi Bupati itu sendiri adalah di bidang pendidikan,” ujarnya.

Yusuf Lubis juga berharap agar para panitia yang telah ditunjuk dan ditetapkan untuk menjalankan proses ini tetap semangat dan kerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.

“Dalam hal ini kita percayakan kepada Bapak Asraf dan Jayasman untuk mengawal dan merealisasikan poin apa saja yang sudah disepakati bersama dengan Bupati,” imbuhnya.

Jayasman selaku Koordinator Bidang Kemahasiswaan di STIE Yappas berharap agar hal ini juga turut didukung bersama oleh masyarakat.

“Apabila kita kerjakan secara bersama-sama, maka akan terasa mudah dan tujuan kita akan tercapai. Mari kita satukan tekad untuk berdirinya sebuah Universitas di Bumi Mekar Tuah Basamo ini,” tuturnya.

Pada kesempatan itu juga hadir Pembina Yayasan, Yusuf Lubis yang juga merupakan mantan Bupati Pasaman dua periode, Ketua Yayasan Saleh Lubis.

Baca juga: Musrenbang RKPD 2022 Pasaman Barat, Bupati Minta OPD Maksimalkan Anggaran yang Terbatas

Kepala BAU STIE Yappas Kampus Ophir, Nurasmah, Koordinator Bidang Kemahasiswaan, Jayasman, dan Dosen STIE Asraf serta rombongan lainnya. [rna]

https://www.youtube.com/watch?v=_Kd-YRzaixohttps://www.youtube.com/watch?v=_Kd-YRzaixo

Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist