Buku-buku Budaya dań Adat Minangkabau Karya Angku Yus Dt Perpatiah akan Dicetak Ulang

Penulis: Redaksi

Lubuk Basung, Padangkita.com – Buku-buku karangan budayawan Minangkabau Angku Yus Dt Perpatiah akan dicetak ulang. Termasuk, buku barunya yang berjudul ‘Menyingkap Wajah Minangkabau, Paparan Adat dan Budaya’

Rencana itu disampaikan Angku Yus Dt Perpatiah ketika bertemua Bupati Agam Andri Warman di Rumah Dinas Bupati Agam, Padang Baru, Lubuk Basung, Rabu (2/11/2022).

Angku Yus Dt Parpatiah mengatakan, mengingat usianya yang sudah lanjut, ia menginginkan karya-karyanya, khususnya terkait adat dan budaya Minangkabau bisa dilestarikan dan terus tetap ada, serta bisa menjadi pedoman bagi generasi muda ke depannya.

“Oleh sebab itu, saya berharap semua karya yang ada, dapat disimpan atau menjadi arsip bagi Pemerintah Kabupaten Agam, agar nantinya tidak hilang satu persatu,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menginginkan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Agam terkait pencetakan ulang karyanya yang terbaru, yaitu buku ‘Menyingkap Wajah Minangkabau, Paparan Adat dan Budaya’.

Menurutnya, buku ini sangat penting, karena di dalamnya membahas secara detail terkait adat dan budaya Minangkabau.

Menanggapi harapan tersebut, Bupati Agam, Andri Warman, menyatakan sangat setuju dengan rencana tersebut.

“Karena hal ini merupakan salah satu program utamanya di bidang pendidikan, yaitu terkait adat dan budaya,” ujar Andri Warman.

Ia menginginkan generasi muda saat ini, selain pintar dalam pendidikan formal, juga paham akan agam serta adat dan budaya.

“Oleh sebab itu, dengan adanya karya-karya dari Angku Yus Dt Parpatiah, ini bisa menjadi pedoman dan bekal bagi generasi muda dalam mempelajari adat dan budaya Minangkabau,” ujarnya.

Andri Warman berharap, selain melalui karya-karyanya yang berupa buku, pihaknya juga menginginkan Angku Yus Dt Parpatiah bisa secara langsung memberikan ilmunya dengan bertatap muka dengan generasi muda di Kabupaten Agam.

“Sehingga nantinya, generasi muda yang ada bisa lebih paham dan mengerti, karena langsung belajar dari tokohnya, yaitu Angku Yus Dt Parpatiah,” kata Andri Warman.

Baca juga: Iluminasi Naskah Kuno Minangkabau di Sumatra Barat Jadi Motif Batik Bernilai Seni Tinggi

Kepada dinas terkait, Bupati Andri Warman menginstruksikan agar dapat menyiapkan semua berkas yang diperlukan dalam membuat kerja sama dengan Angku Yus Dt Parpatiah tentang pencetakan buka dan pendidikan adat Minangkabau. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist