Begini Sejumlah Penampakan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang yang Segera Rampung

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang yang memiliki panjang 40 km telah mencapai 84,42%.

Dari 40 km tersebut, sepanjang 30,7 km, yakni  Gate to Gate (Exit Tol Desa Sungai Pinang – Exit Tol Bangkinang), telah selesai konstruksinya dan siao dioperasikan.

Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang. [Foto: Dok. BPJT Kementerian PUPR]

Jika jalan tol yang menjadi salah satu seksi dari 6 seksi Jalan Tol Padang – Pekanbaru tersebur rampung, maka perjalanan Pekanbaru – Bangkinang cukup 30 menit saja. Sebelumnya, perjalanan lewat jalan nasional membutuhkan waktu 1 jam sampai 1,5 jam.

Menurut Badan Pengatur Jalan (BPJT) Kementerian PUPR, pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 40 km memiliki peran dan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Pulau Sumatra dan sekitarnya, karena mampu menghemat waktu tempuh.

Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang. [Foto: Dok. BPJT Kementerian PUPR]

Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero), dan rencananya menjadi tol kedua di Bumi Lancang Kuning yang dioperasikan setelah Jalan Tol Pekanbaru – Dumai yang telah beroperasi sejak tahun 2020 lalu.

Sebelumnya, Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang telah dilakukan uji coba fungsional pada arus mudik Lebaran lalu mendukung masyarakat Riau yang akan mudik dengan tujuan Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya.

Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang. [Foto: Dok. BPJT Kementerian PUPR]

Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang merupakan salah satu seksi dari 6 seksi Jalan Tol Pekanbaru – Padang. Panjang total Jalan Tol Padang – Pekanbaru yang menjadi sirip Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), mencapai  254 km.

Baca juga: Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang Pangkas Waktu Jadi 30 Menit Saja, Gate to Gate 30,7 Km Siap Dioperasikan

Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang. [Foto: Dok. BPJT Kementerian PUPR]

Jika jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) ini tersambung keseluruhan, maka Padang – Pekanbaru hanya butuh waktu 3 jam saja. Jalan tol ini dibangun demi meningkatkan kelancaran logistik dan mengurangi waktu tempuh perjalanan antar-wilayah. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist