Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang Pangkas Waktu Jadi 30 Menit Saja, Gate to Gate 30,7 Km Siap Dioperasikan

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Perjalanan Padang – Pekanbaru akan memakan waktu lebih singkat, menyusul segera dioperasikannya Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 30,7 km.

Ruas jalan tol yang telah selesai konstruksinya itu adalah Gate to Gate (Exit Tol Desa Sungai Pinang – Exit Tol Bangkinang). Sementara, secara keseluruhan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang yang merupakan bagian dari koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) telah memasuki progres konstruksi 84,42%.

“Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 40 km memiliki peran dan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Pulau Sumatra dan sekitarnya, karena mampu menghemat waktu tempuh,” demikian keterangan tertulis Badan Pengatur Jalan (BPJT) Kementerian PUPR, Selasa (4/10/2022).

Kehadiran Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang akan memangkas waktu tempuh perjalanan menjadi hanya 30 menit perjalanan dengan rata-rata kecepatan berkendara maksimal 80 km/jam.

Baca juga: Kapan Padang – Pekanbaru Bisa Ditempuh Cuma 3 Jam Saja lewat Jalan Tol? Ini Perkiraannya

“Sebelumnya, jika berkendara menggunakan Jalan Nasional dari Pekanbaru hingga Bangkinang biasanya memakan waktu hingga 1 jam 30 menit lamanya,” jelas keterangan resmi BPJT.

Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero), dan rencananya menjadi tol kedua di Bumi Lancang Kuning yang dioperasikan setelah Jalan Tol Pekanbaru – Dumai yang telah beroperasi sejak tahun 2020 lalu.

Sebelumnya, Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang telah dilakukan uji coba fungsional pada arus mudik Lebaran lalu mendukung masyarakat Riau yang akan mudik dengan tujuan Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya.

Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang merupakan salah satu seksi dari 6 seksi Jalan Tol Pekanbaru – Padang. Panjang total Jalan Tol Padang – Pekanbaru yang menjadi sirip Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), mencapai  254 km.

Baca juga: Hutama Karya Targetkan Pembangunan Jalan Tol Padang – Sicincin Selesai Awal 2024

Jika jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) ini tersambung keseluruhan, maka Padang – Pekanbaru hanya butuh waktu 3 jam saja. Jalan tol ini dibangun demi meningkatkan kelancaran logistik dan mengurangi waktu tempuh perjalanan antar-wilayah. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist