Bedah Rumah Korban Banjir, Wawako Solok Ikut Turun Tangan ke Lokasi

Penulis: Zulfikar Efendi

Solok, Padangkita.com – Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Ramadhani Kirana Putra ikut terjun ke lapangan dan turun tangan membantu program bedah rumah untuk warga terdampak banjir di Kelurahan IX Korong, Sabtu (28/8/2021).

Rumah yang dibedah tersebut merupakan rumah yang terdampak banjir pada Januari 2021.

Lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Solok melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman mengalokasikan anggaran untuk perbaikan rumah tersebut.

“Jadi, sehubungan masih dalam suasana Bulan Bhakti HUT ke-60 Pramuka, maka kita juga kerahkan anggota Pramuka Kota Solok untuk membantu renovasi rumah ini,” ujar Ramadhani.

Untuk bedah rumah itu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok juga ikut berpartisipasi, mereka mengirimkan sepuluh personel dan satu dump truk untuk digunakan dalam proses pengerjaan renovasi rumah yang terdampak banjir itu.

Wawako Ramadhani Kirana Putra ikut terjun ke lapangan membantu bedah rumah korban banjir di Kota Solok. [Foto: Ist]
“Hari ini kita dalam proses kegiatan bedah rumah warga yang tak layak huni, rumah ini juga merupakan tempat usaha bagi pemiliknya, jadi kita bantu secara bersama-sama, hari ini kita robohkan semua bangunannya dan akan kita bangun lagi agar bisa ditempati dan dapat digunakan untuk berusaha kembali,” kata Ramdhani.

Sementara itu, Ketua Satgas Pramuka Peduli, Afridoni Araditha mengatakan, bahwa rumah tersebut beberapa bulan lalu terkena musibah banjir, separuhnya terbawa arus banjir, sehingga tidak layak lagi untuk ditempati dan pemilik rumah juga merupakan warga yang kurang mampu.

“Rumah ini memang layak kita bantu, untuk lama pengerjaan butuh sekitar 20 hari, dan sementara pemilik rumah tinggal di tempat saudaranya,” ujar Afridoni.

Baca juga: Banjir Kota Solok, 2.410 Jiwa Terdampak, 63 KK Diungsikan

Pemilik rumah, Buk Mai yang didampingi suaminya, Mas Totok menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah kota, gerakan pramuka dan berbagai pihak yang telah peduli membantu untuk memperbaiki rumah mereka sekeluarga, sehingga layak untuk dihuni dan dapat berjualan sayur kembali. [*/zfk]


Terpopuler

Add New Playlist