Banjir di Pasaman Barat, Sejumlah Akses Jalan Menuju Ibu Kota Putus Total

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Akses jalan Simpang Empat-Ujung Gading di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) putus total akibat banjir yang menggenangi jalan di Jorong Air Haji, Nagari Sungai Aur, Kecamatan Sungai Aur, Kamis (12/11/2021) pagi.

Akibat hujan deras sejak Rabu (10/11/2021), ketinggian air mencapai setinggi paha orang dewasa. Kemacetan panjang tak terhindarkan, karena banyak pengendara tidak berani menerjang arus deras yang membanjiri jalan.

“Air mulai naiknya tadi subuh. Hingga kini akses jalan belum bisa dilalui, namun untuk kendaraan roda dua bisa menggunakan jasa penyeberangan dengan perahu oleh pemuda setempat,” kata Wahyu Saputra salah seorang warga setempat kepada Padangkita.com, Kamis (12/11/2021) pagi.

Wahyu menyebutkan, banjir ini sudah biasa terjadi setiap musim hujan tiba. Karena lokasi banjir ini dekat dengan bantaran sungai dan lokasi yang lumayan rendah.

“Untuk rumah warga ada sekitar enam rumah yang terdampak, namun hal itu tidak begitu parah. Artinya warga masih bertahan di rumahnya masing-masing,” ujar Wahyu.

Ia berharap, ke depannya hal ini bisa dicarikan solusi oleh pemerintah. Sebab lokasi ini selalu menjadi langganan banjir setiap musim hujan tiba. Padahal jalan ini merupakan satu-satunya akses masyarakat untuk beraktivitas.

“Semoga pemerintah bisa mencarikan solusinya. Karena ketika musim hujan seperti ini, banjirnya selalu berkesinambungan. Aktivitas kami terganggu karena jalan tidak bisa dilalui,” imbuhnya.

Baca juga: 2 Siswi SMPN Pasaman Barat Wakili Sumbar di Kompetisi Sains Nasional

Selain itu, banjir dan longsor juga terjadi di Kecamatan Talamu. Akibatnya, ratusan rumah warga terdampak dan akses jalan Talu-Simpang Empat terputus karena timbunan material longsor. [rom/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist