Anti Mainstream! Masakan Kampung Khas Minang di Kabupaten Solok yang Buka 24 Jam Ini Patut Dicoba

Penulis: Isran Bastian

Solok, Padangkita.com – Bagi kamu yang sudah bosan dengan menu rumah makan masakan Minang konvensional, agaknya boleh coba nih menu yang satu ini. Berbeda dengan kebanyakan, menu ini rasanya lebih soft.

Bagaimana, penasaran? Yuk simak ulasan Padangkita.com berikut.

Salah satu rumah makan di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra barat (Sumbar) ini menjual berbagai menu yang anti mainstream alias beberda dari kebanyakan, dibanding rumah makan kebanyakan di Sumbar. Namanya Rumah Makan Masakan Kampung Shabila.

Di sini kamu bisa menikmati beragam masakan kampung khas Minang (Sumbar) yang rasanya sangat otentik. Menu yang dijual di sini bervariasi dan selalu berganti alias baru tiap harinya.

Penampakan menu di Rumah Makan Masakan Kampung Shabila. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri
Salah satunya ada menu gulai jariang pucuak ubi atau daun singkong. Gulai jariang ini dipadukan juga dengan ikan teri.

“Dicampur dengan ikan teri, jadi kuahnya itu tambah wangi ya dan rasanya tambah gurih. Onde mande sero bana. Yo sabana masakan kampung,” ujar Herlina Basri salah satu food vlogger dalam unggahan video YouTube terbarunya, dilihat Padangkita.com, Senin (26/9/2022).

Meskipun rasanya begitu lezat, namun soal harga kamu tak perlu cemas karena harganya sangat terjangkau. Harga per porsi nasi plus lauk lengkap hanya Rp18 ribu saja. Bagaimana terbilang murah bukan.

Menu masakan rumah lain yang bisa kamu santap ada juga gulai asam padeh. Gulai asam padeh merupakan gulai yang didominasi oleh rasa pedas dan asam dari cabai merah halus dan asam tunjuk atau belimbing wuluh.

Gulai asam padeh di Rumah Makan Shabilla tambah nikmat karena dipadu dengan ikan sisiak berukuran kecil.

Selanjutnya, ada juga menu khas rumahan lainnya yakni ikan palai. Mulai dari palai kelapa dan juga palai lado yang dipadukan dengan ikan tandeman kecil. Kedua menu ini memang terkenal nikmat.

Menu lain yang juga sangat menggugah selera adalah goreng ayam dan jengkol lado mudo. Menu yang satu ini tentunya tidak asing lagi karena sering dimasak di rumah-rumah.

Penampakan menu ayam goreng dan jengkol lado mudo Rumah Makan Masakan Kampung Shabila. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Terakhir ada menu ayam bakar dan juga ikan bakar bumbu merah. “Ini bumbunya benar benar wangi,” ujar Herlina yang mencium langsung bau wangi dari makanan tersebut.

Bagaimana, kamu penasaran ingin mencicipi langsung! Silahkan langsung ke lokasi Rumah Makan Masakan Kampung Shabila di Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, daerah pintu angin Arosuka, Kabupaten Solok, Sumbar.

Baca Juga: Eksis Nyaris Setengah Abad, Ini Dia Surganya Masakan Daging Khas Minang di Sumatra Barat

Selain rasanya yang tentunya lezat, menyantap makanan di sini ini akan membuat kamu kangen kampung, karena sembari makan kamu bisa menikmati pemandangan persawahan yang asri di pondok lesehan yang tersedia. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist