Andre Rosiade Undang Menteri Bahlil Datangkan Investasi Pengolahan Karet ke Sumbar

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade, mengundang Menteri Bahlil Lahadalia untuk mendatangkan investasi ke Sumbar. Khususnya untuk membangun industri pengolahan karet.

Hal itu disampaikan Andre dalam Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Selasa Selasa (1/2/2022)

Andre yang juga Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini mengatakan, Sumbar adalah salah satu daerah penghasil karet terbesar di Pulau Sumatra. Sementara Kabupaten Sijunjung merupakan salah satu daerah penghasil karet terbesar di Sumbar.

“Sebagai anggota DPR RI dari Sumbar, saya sudah berkoordinasi dengan Gubernur dan sejumlah kepala daerah di Sumatra Barat yang daerahnya memproduksi karet. Kami Sumatra Barat, khususnya Kabupaten Sijunjung, adalah salah satu produsen karet terbesar di Pulau Sumatra dan kebetulan Kabupaten Sijunjung juga mempunyai cadangan gas besar yang belum ada off taker-nya Pak Bahlil,” kata Andre.

Andre Rosiade pun menyinggung pernyataan Bahlil pada medio Mei 2021 lalu, terkait realisasi investasi membangun industri karet di Sumatra Utara dan Sumatra Selatan. Dia menyatakan siap memfasilitasi Gubernur dan para kepala daerah di Sumatra Barat bertemu Bahlil untuk membahas peluang investasi tersebut.

“Pak Bahlil tahun 2021 pernah bercerita ada investasi membangun industri karet di Sumatra Utara dan Sumatra Selatan. Saya ingin menanyakan apakah sudah ada realisai investasi itu atau belum? Kalau belum apakah ada peluang untuk Sumbar?” kata Andre.

“Saya akan fasilitasi Pak Gubernur dan Bupati-bupatinya bertemu Pak Bahlil untuk bikin proposal bersama agar investasi itu terwujud di Sumatra Barat. Sehingga terlihat bahwa Presiden Jokowi itu presiden kita semua. Jadi ada yang konkret dari Pak Bahlil Lahadalia di kampung saya. Sebagai anggota DPR RI dari Sumatra Barat wajib hukumnya bagi saya memperjuangkan Sumatra Barat,” imbuh Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Sementara itu, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyambut baik undangan Andre Rosiade untuk mendatangkan investasi pengolahan karet ke Sumatra Barat. Dia mengatakan, Kementerian Investasi saat ini tengah menggodok calon investor yang akan masuk ke industri pengolahan karet. Kepada Andre, mantan Ketua Umum HIPMI itu pun berkomitmen akan mengundang para kepala daerah di Sumatra Barat untuk membicarakan peluang investasi tersebut.

“Kita sendang menggodok investornya, belum sampai 70 persen Pak Andre. Kalau ada saya undang Pak Andre untuk bertemu. Jadi clear Pak Andre,” kata Bahlil.

Andre Apresiasi BKPM

Andre Rosiade juga mengapresiasi kinerja Kementerian Investasi/BKPM atas capaian investasi sebesar Rp659,4 triliun atau 73,3% dari target tahun 2021 sebesar Rp900 triliun.

Andre menyatakan Fraksi Gerindra juga mendukung penuh upaya kementerian yang dipimpin Bahlil Lahadalia dalam merealisasikan target investasi tahun 2022 yang meningkat menjadi Rp1.200 triliun.

Baca juga: Andre Rosiade Minta Mendag Berani Lawan Pengusaha Sawit dan Produsen Minyak Goreng Nakal

“Tentu kita memberikan apresiasi yang besar terhadap Pak Menteri Investasi sudah berhasil merealisasikan investasi tahun 2021 dan punya target yang ‘wow’ di 2022. Tentu kami Fraksi Partai Gerindra memberikan dukungan penuh kerja keras kementerian. Tentu harapan kami target Rp1.200 triliun ini bisa direalisasikan,” kata Andre Rosiade. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist