9 Daerah di Sumbar Ditetapkan Jadi Penghasil Durian, Sejumlah Varietas Unggul Segera Didaftarkan

Penulis: Redaksi

Berita Solok Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sumbar memang telah disiapkan menjadi penghasil durian unggul.

Padang Aro, Padangkita.com – Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memang telah disiapkan menjadi penghasil durian unggul. Untuk itu, Gubernur Sumber telah menerbitkan surat keputusan tentang kawasan yang menjadi andalan.

Lewat Surat Keputusan Gubernur Nomor 521.849.2019 tanggal 13 November 2019 telah ditetapkan kawasan penghasil durian pada sembilan kabupaten/kota di Sumbar yakni, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Agam, Tanah Datar, Dhamasraya, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pasaman dan Kota Solok.

Mewakili Gubernur Sumbar saat pembukaan festival durian, di objek wisata Pulau Mutiara, Sangir, Solsel, Senin (7/6/2021) Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar Nasir Ahmad mengharapkan muncul varietas unggul yang bakal menjadi daya Tarik baru.

Nasir menyampaikan, berdasarkan data Dinas Pertanian Sumbar, jenis durian unggul lokal segera didaftarkan untuk diberi nama varietas sehingga semakin mudah dikenal agar bisa dikomersialkan.

Berita Solok Selatan hari ini dan berita Sumatra Barat (Sumbar) hari ini: Sumbar memang telah disiapkan menjadi penghasil durian unggul.
Ilustrasi Durian. [Foto: pexels.com]
Ia mengungkapkan, pada tahun 2020 tercatat luas tanaman durian di Sumbar 643.054 pohon atau 6.430 hektare dengan produksi 131.430 ton. Produksi durian terbesar terdapat di Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan Kota Padang.

“Khusus di Solsel terjadi peningkatan luas tanaman, tahun 2019 sebanyak 1.678 pohon menjadi 5.198 pohon,” ujarnya.

Di Kabupaten Solsel, kata Nasir, kawasan penghasil durian adalah Lubuak Gadang Utara dan Jorong Koto Rambatan. Berdasarkan data sementara terdapat lebih 2.000 batang durian dengan 32 jenis buah durian.

Baca juga: Nagari Kubang Sawahlunto Gelar Festival Durian Kubang

“Yang khas, jenis durian Solsel Tepi Lubang, Durian Bulek, Durian Kunyit. Pastikan salah satu varietas durian yang memang dapat membawa Solsel menjadi daya tarik ekowisata yang dikunjungi banyak orang,” harap Nasir. [*/pkt]


Baca berita Solok Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler