Nagari Kubang Sawahlunto Gelar Festival Durian Kubang

Penulis: Redaksi

Sawahlunto, Padangkita.com – Demi melestarikan dan mempromosikan durian khas daerah, masyarakat Kenagarian Kubang, Kota Sawahlunto menggelar Festival Durian Kubang. Festival Durian Kubang tersebut dilaksanakan di kawasan Kampung Teleng, Kota Sawahlunto, Sabtu (15/02/2020).

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kubang, Edrizon Effendi Khatib Bosa mengatakan Festival Durian Kubang merupakan event yang pertama kai digelar.

Festival tersebut akan direncanakan akan kembali digelar pada tahun-tahun berikutnya dan diharapkan bisa bersinergi dengan kalender event Kota Sawahlunto.

“Festival Durian Kubang edisi perdana ini nanti kita evaluasi, sehingga untuk digelar tahun depan bisa lebih bagus dan menarik,” kata Edrizon Effendi.

Baca juga: Harga Melonjak, Pemko Sawahlunto Gelar Operasi Pasar Bawang Putih

Sementara itu, Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti mendukung dan memuji festival tersebut. Menurutnya, inisiatif masyarakat Nagari Kubang menggelar Festival merupakan kreasi dan prestasi yang perlu diapresiasi.

“Pemko Sawahlunto tentu akan mendukung bagaimana durian Kubang ini bisa ditingkatkan kualitas buahnya dan kualitas pemasarannya sehingga manfaatnya bagi pertumbuhan ekonomi petani juga terasa,” ujar Zohirin Sayuti.

Tak kurang dari ratusan buah durian Kubang dibawa masyarakat untuk memeriahkan Festival Durian Kubang tersebut.

Durian tersebut kemudian disuguhkan untuk para tamu dan undangan yang menghadiri acara, sebagian juga disediakan untuk dijual.

Sementara, buah durian yang sudah dipilih terlebih dahulu dan dianggap memiliki kualitas yang ‘paten’, diikutkan untuk dinilai dalam lomba durian yang menjadi puncak rangkaian acara Festival Durian Kubang ini.

Pihak panitia penyelenggara mencatat, ada sejumlah 40 buah durian Kubang yang diikutsertakan dalam lomba tersebut. (*/Pk-02)


Baca berita Sawahlunto Terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist