777 Bencana Terjadi di Kota Padang Selama Tahun 2019

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan terjadi 777 bencana yang melanda di kota Padang. Jumlah bencana tersebut terjadi selama periode tahun 2019.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Barlius menjelaskan dari periode tersebut bencana paling banyak terjadi pada bulan April dan November.

“83 kejadian bencana di bulan April dan 82 kejadian di bulan November,” katanya, Rabu (12/2/2020)

Untuk kejadian yang paling banyak terjadi berdasarkan datanya adalah pohon tumbang sebanyak 698 kejadian. Kemudian kejadian longsor di 8 lokasi, banjir di 5 lokasi, orang tenggelam dan hanyut (5 kejadian 4 orang meninggal dunia.

“Kemudian kebakaran hutan 2 lokasi dan kekeringan melanda 55 kepala keluarga,” tambahnya.

Baca juga: 400 Bencana Terjadi Awal Tahun, 94 Meninggal dan 2 Hilang

Dirinya menjelaskan untuk faktor pohon tumbang disebabkan kondisi pohon yang sudah tua dan lapuk. Selain itu, cuaca ekstrem yang melanda Padang juga menjadi penyebab tumbangnya sejumlah pohon di Padang.

“Pohon tumbang tersebut tidak saja merusak rumah warga, kendaraan, tapi juga merusak kabel listrik dan mengganggu akses jalan,” katanya.

Barlius mengimbau kepada masyarakat agar selalu memantau informasi kondisi cuaca dari BMKG. Selain itu masyarakat juga diminta agar tidak berlindung di bawah pohon saat cuaca ekstrem terjadi. Ini dilakukan untuk meminimalkan terjadinya korban jiwa.

Dirinya juga meminta masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana.

“Kita berharap dan berdoa semoga di tahun 2020 ini Kota Padang dijauhi dari segala ancaman bencana,” katanya. (*/pk-02)


Baca berita Padang terbaru hanya di Padangkita.com