7 PO Bus Tertua di Indonesia yang Populer hingga Kini, Nomor 1 jadi Kebanggaan Urang Awak

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Sebelum adanya layanan low-cost dari jasa penerbangan di Indonesia, jasa angkutan transportasi penumpang Sumatra – Jawa dulunya didominasi oleh angkutan bus antar-kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar-kota antar-provinsi (AKAP).

Ribuan kilometer (km) jalan raya, baik lintas Jawa dan lintas Sumatra maupun lintas Sumatra – Jawa, diramaikan oleh ratusan Perusahaan Otobus (PO) sejak hampir satu abad yang lalu.

Namun karena adanya low-cost dari berbagai perusahaan penerbangan, PO jelas kena imbasnya. Akibatnya, ada yang menutup trayek bahkan hingga bangkrut dan sejumlah persoalan lain.

Meski begitu ada juga PO yang berusaha tegar bertahan di antara hempasan kuat beragam masalah naik-turunnya gelombang usaha transportasi bus. Bahkan tetap menjadi primadona bagi penumpang setia jasa transportasi darat hingga sekarang ini.

Bada Juga: Sensasi Naik Bus Besar Rute Ujung Timur Indonesia, Indah Seperti di Luar Negeri!

Inilah 7 bus tertua dan masih populer sampai sekarang di Indonesia, dimulai dari peringkat 7 hingga 1, dilansir Padangkita.com, dari salah satu video YouTuber bus kenamaan Indonesia, Taufik RS, Minggu (2/10/2022).

7. Bus Rosalia Indah

Bus Rosalia Indah. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Rosalia Indah merupakan salah satu PO jasa transportasi darat dengan armada bus yang berkantor di pusat di Palur, Provinsi Jawa Tengah.

PO ini didirikan oleh pasangan suami istri, Yustinus Suroso dengan sang istri Rahayu Suroso pada tahun 1983, dengan mulai mengoperasionalkan satu unit kendaraan bermesin Isuzu dengan trayek antarkota jurusan Yogyakarta, Solo, Surabaya hingga ke Kota Malang.

Bus yang satu ini masuk ke daftar bus yang cukup lama beroperasi di Indonesia dan masih populer hingga kini. Hal itu terbukti dengan armada mewah dan pelayanan terbaik yang selalu dihadirkan.

Saat ini bus Rosalia Indah telah melayani berbagai jurusan dari Jakarta – Bogor – Tangerang – Merak – Lampung – Sumatra Selatan. Untuk jenis busnya sendiri sudah menggunakan berbagai merek ternama mulai dari Mercedes Benz, Scania, Hino dan masih banyak lagi.

6. Bus Pahala Kencana

Bus Pahala Kencana. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Di daftar selanjutnya ada bus yang berasal dari Kudus, Provinsi Jawa Tengah, yakni PO Pahala Kencana. Perusahan ini telah berdiri sejak 1976 di Kudus dan bisa dibilang masih populer hingga saat ini.

PO ini melayani mode transportasi darat AKAP dengan armada busnya, selain itu PO ini juga melayani jasa layanan bus pariwisata. Berbagai sasis bus ternama digunakan PO ini, mulai dari sasis pabrikan Mercedes Benz hingga Hino.

Dalam operasionalnya, Pahala Kencana melayani berbagai trayek di Pulau Jawa, Bali, Madura hingga ke Pulau Sumatra.

5. Bus Lorena – Karina

Bus Lorena. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Bagi kamu perantau dari Jawa dan Sumatra atau sebaliknya, tak akan asing lagi dengan nama PO Bus Lorena dan Karina. Bagaimana tidak, PO bus yang satu ini cukup terkenal dari dulu hingga kini untuk lintas Jawa menuju Pulau Sumatra.

Lorena merupakan PO bus yang didirikan sejak 1970, dengan trayek awal yang hanya melayani 2 rute yakni Bogor – Jakarta dan sebaliknya.

Namun pada tahun 1984 perusahan bus ini mulai melebarkan sayapnya, dengan membuka trayek baru yang lebih jauh lagi, dari Jakarta – Surabaya, serta tujuan Madura – Bali hingga Denpasar.

Hingga kini Lorena sudah memiliki banyak rute, seperti Jakarta – Padang, Jakarta – Malang hingga Jakarta – Probolinggo. Selain melayani trayek AKAP, PO ini juga melayani angkutan pariwisata hingga jasa kurir paket hingga menjadi salah satu operator bus Transjakarta.

4. Safari Dharma Raya

Bus Safari Dharma Raya. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Bus Safari Dharma Raya atau OBL merupakan PO asal Temanggung, Jawa Tengah. Di awal berdirinya PO ini dikenal dengan nama OBL yang merupakan singkatan nama dari pendirinya, yaitu Odelay atau Darmoyono.

Berkantor pusat di Kabupaten Temanggung, bus ini merupakan salah satu angkutan darat yang melayani berbagai jurusan, mulai dari Jakarta- Bogor – Tangerang – bekasi hingga menuju beberapa kota di Pulau bali hingga Pulau Sumbawa.

Bus OBL tempo dulu atau bus Safari Dharma Raya. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Bus ini mulai merintis bisnis sejak tahun 1969, dari rute awal dari Magelang menuju Ngadirejo. Bertahan dan bisa menjadi armada yang diprioritaskan konsumen menunjukkan bahwa manajemen yang cukup bagus pada PO satu ini.

3. Bus ALS

Bus ALS. [Foto: Tangkapan Layar YouTube/Taufik RS]
Yang sering berpergian dari Sumatra menuju Pulau Jawa ataupun sebaliknya pasti tak asing dengan PO yang satu ini, yakni Bus Antar Lintas Sumatra atau disingkat ALS. Bus ALS merupakan PO kebanggaan masyarakat Sumatra Utara atau Kota Medan, apalagi PO ALS termasuk ke dalam bus yang memiliki trayek terjauh di Indonesia, yang menempuh perjalanan jauh dari Medan – Jember, yang melewati 11 provinsi.

ALS termasuk kedalam PO bus yang beroperasi cukup lama di Indonesia dan masih eksis hingga kini. PO ALS berdiri sejak 29 September tahun 1966 di Kota Nopan Mandailing Natal, Sumut. Selain dengan rute-rute pendeknya, sampai kini bus ALS masih setia dengan trayek terjauhnya dari Medan menuju Jember, Jawa Timur, dengan menghabiskan waktu hingga 90 jam perjalanan.

2. Bus PMTOH

Bus PMTOH. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Selanjutnya pada urutan 2 ada Bus PMTOH atau akronim dari nama Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan. PO ini merupakan perusahaan bus yang berasal dari Provinsi Aceh.

PMTOH termasuk ke dalam PO bus tertua dan terbesar di Aceh, yang masih eksis hingga kini. Bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah Banda Aceh, mungkin sudah tidak asing dengan bus yang telah berdiri sejak tahun 1957 ini.

Bus ini melayani berbagai rute, mulai dari Banda Aceh menuju Medan dan menuju beberapa kota di Pulau Jawa. Saat ini rute yang masih dilayani adalah Banda Aceh – Medan – Jakarta – Tangerang – Bandung – Tasikmalaya – Yogyakarta hingga Solo.

Untuk armada yang digunakan bus PMTOH ini menggunakan sasis Mercedes Benz. karena selain kecanggihan teknologi juga terkenal dengan kenyamanan dan citra mewah di mata konsumen.

1. Bus NPM

Armada NPM
Armada NPM Sutan Class yang baru diluncurkan. [Foto: Ist]
Nah tibalah kita di posisi nomor 1 bus tertua yang masih eksis hingga kini di Indonesia. Posisi puncak ini ditempati oleh PO bus asal Pulau Sumatra, tepatnya Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), yakni PO NPM.

NPM, akronim dari Naikilah Perusahaan Minang, merupakan PO bus tertua di Indonesia yang berasal dari tanah Minang. Bagaimana tidak, PO ini telah berjalan jauh, bahkah sebelum negara Indonesia merdeka.

PO NPM telah berdiri sejak sekitar tahun 1937, didirikan di Kota Padang Panjang, Sumbar. Nah jika dihitung hingga tahun 2022 ini, NPM telah beroperasi selama 85 tahun dan hebatnya masih eksis hingga kini.

Bus NPM tempo dulu. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
PO NPM masih sangat terkenal hingga saat ini, apakah itu di trayek pendek ataupun di trayek-trayek panjang Sumatra menuju Jawa.

NPM sendiri menjadi kebanggaan urang awak karena membawa nama besar Minang. Bus yang satu ini identik dengan corak tiga warna, yakni hijau, kuning dan merah.

Baca Juga: Bikin Miris!! Ini Fakta 5 Perbedaan Bus India Vs Bus Indonesia

Sementara itu untuk balutan body, bus NPM mempercayakannya kepada beberapa nama karoseri ternama karya anak bangsa, mulai dari buatan karoseri Rahayu Santosa, Tentrem, Adiputro hingga karoseri Laksana. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist