5 Langkah Mudah Meningkatkan Imunitas Saat Pandemi

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Tubuh manusia memerlukan gizi yang cukup dan imunitas yang baik agar tidak mudah terserang penyakit. Tubuh memerlukan asupan yang cukup seperti protein, zat gula, lemak, vitamin dan juga mineral, sehingga imunitas tubuh terbentuk dan berjalan sesuai fungsinya.

Sistem imun atau yang dikenal dengan sistem kekebalan tubuh adalah sekumpulan sel-sel atau jaringan yang berjumlah banyak. Sistem imun yang baik dapat melindungi tubuh dari molekul asing yang berasal dari luar tubuh manusia seperti bakteri, parasit, jamur hingga virus.

Dilansir dari laman Nutriclub.co.id, ada dua tipe sistem imun yaitu, pertama, innate atau disebut imunitas bawaan. Imunitas ini adalah organisme yang bisa mempertahankan organisme lain, namun lebih primitif, tidak bersifat spesifik dan tidak memiliki memori.

Kedua, imunitas adaptif yang merupakan respon spesifik terhadap antigen tertentu dan lebih efektif melawan infeksi karena sudah terpapar sebelumnya.

Sistem imun yang kurang baik akan membuat tubuh mudah terkena penyakit seperti demam, flu, batuk dan yang terbaru Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Faktanya, penularan Covid-19 yang makin hari makin mengkhawatirkan patut untuk diwaspadai. Menurut data statistik Perubahan Harian Indonesia (PHI), total kasus positif Covid-19 di Indonesia menembus angka 847 ribu, dengan angka kesembuhan sebanyak 696 ribu dan meninggal dunia sebanyak 24.645 orang.

Berbagai cara sudah dilakukan Pemerintah Indonesia untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga terbaru program vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac.

Namun, perlu diketahui, vaksin tanpa bantuan sistem imun yang kuat dalam tubuh akan membuat manusia mudah terserang penyakit termasuk Covid-19. Untuk itu, anda perlu mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh.

Berikut 5 langkah mudah meningkatkan imunitas saat pandemi:

Konsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi

Mengonsumi makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi sangat erat kaitannya hidup sehat dan menjaga stabilitas imun yang ada pada tubuh manusia.

Hal ini merupakan salah satu landasan utama agar sistem imun tetap terjaga dengan baik. Makanan bergizi banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti ikan yang kaya lemak dan protein, nasi, jagung dan biji-bijian kaya manfaat karbohidrat.

Konsumsi buah-buah yang mengandung Vitamin C

Sangat penting sekali mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C secara teratur dan jumlah yang cukup. Pasalnya, buah yang mengandung vitamin C bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Tidak hanya itu, zat yang kaya antioksidan ini dipercaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah yang mengandung vitamin C itu antara lain jambu biji, Kiwi, stroberi, pepaya, nanas, mangga, leci, lemon dan lain sebagainya.

Kurangi stres

Stres menjadi kondisi yang tidak asing lagi bagi kita, hal ini dialami oleh hampir semua orang. Stres merupakan suatu kondisi yang bersifat umum, suatu reaksi tubuh yang terjadi pada kondisi tertentu.

Stres berlebihan tidak baik untuk kesehatan karena tubuh akan mengeluarkan hormon-hormon yang mengganggu daya tahan tubuh seperti hormon kartisol.

Carilah cara yang tepat dan cocok dengan anda untuk mengurangi stres, mungkin dengan mendengarkan musik, liburan, berkumpul dengan teman atau keluarga dan lainnya.

Berolahraga

Dengan berolahraga, tubuh kita akan terasa lebih baik karena dengan melakukan olahraga akan membantu perkembangan otot lebih kuat.

Tidak hanya itu, berolahraga juga membantu meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, olahraga bisa meningkatkan aliran darah, mengurangi stres dan memperkuat antibodi. Sehingga olahraga sangat efektif diterapkan selama masa pendemi.

Tapi, pastikan anda melakukan olahraga dengan tetap menjaga jarak dengan yang lainnya. Lakukan olahraga di tempat terbuka atau cukup di rumah dan lingkungan pekarangan rumah saja.

Baca juga: Empat Jenis Senam yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja

Istirahat yang cukup

Supaya sistem imun kita tetap terjaga, kita harus mengatur istirahat yang cukup. Tubuh akan terasa lelah jika terlalu sering beraktivitas, hal ini bisa menurunkan daya tahan tubuh. Untuk itu, pergunakan waktu tidur yang cukup sehingga daya tahan tubuh kita tetap stabil.

Menjaga kesehatan dan imunitas memang sangat penting selama pandemi. Hal ini harus diterapkan di samping program vaksinasi yang ditetapkan pemerintah.

Selain itu, pastikan anda menjaga protokol kesehatan untuk menghindari risiko terpapar Covid-19. Tetap menjaga jarak, menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah atau dalam keramaian, serta rajin mencuci tangan. [mg2/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler