Empat Jenis Senam yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com New Normal membuat sejumlah kebiasaan sehari-hari harus diubah untuk menghindari penularan Covid-19, salah satunya saat berolahraga. Kondisi ini mengharuskan kita memutar otak untuk mencari cara agar tetap berolahraga meski hanya dari rumah.

Salah satu solusinya adalah dengan melakukan senam secara mandiri dengan bermodalkan tutorial dari sosial media. Senam dapat dilakukan di dalam rumah atau di sekitar pekarangan rumah sendiri.

Perlu diketahui, senam memiliki berbagai jenis dengan cara dan manfaat yang berbeda-beda juga. Perbedaan ini bisa kita rasakan mulai dari tujuan kita melakukan senam tersebut sampai dampak yang dirasakan.

Senam tidak harus dilakukan bersama-sama, kita bisa melakukannya saat waktu sengang sambil menghilangkan kejenuhan setelah beraktivitas penuh secara mandiri.

Dilansir dari alodokter.com, berikut empat jenis senam yang dapat dilakukan di rumah:

Baca juga: 4 Langkah Hindari Rambut Rontok

Senam Diabetes

Sesuai dengan namanya, senam diabetes dirancang untuk penderita diabetes tentunya dengan gerakan yang ringan, cepat dan mudah untuk dipahami. Durasi yang digunakan juga tidak banyak, berkisar 150 menit setiap minggu. Hal ini berguna untuk membakar kalori dalam tubuh dan meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin.

Senam ini harus dibarengi dengan pola makan yang sehat untuk membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, berat badan yang berlebihan adalah salah satu kendala dalam penyakit diabetes.

Perlu dicatat, ada beberapa anjuran yang harus diperhatikan untuk melakukan senam ini. Pertama, untuk menilai respon efek dari senam maka perlu periksa gula darah sebelum dan sesudah latihan. Gula darah untuk pasien diabetes tipe satu dan dua harus berkisar kurang dari 250 mg sebelum berolahraga, jika berlebih akan beresiko ketoasidosis yang dapat mengancam nyawa karena kurangnya insulin dalam darah.

Selanjutnya, lakukan pemanasan dan pendingingan selama lima menit. Jangan lupa minum air putih serta menyiapkan permen atau jus untuk kembali menaikan gula darah jika terjadi penurunan kadar secara drastis usai olahraga.

Kemudian, pakai alas kaki senyaman mungkin dan tidak terlalu memaksa diri apabila dirasakan pusing atau sesak nafas. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan konsultasi ke dokter adalah solusi yang tepat sebelum melakukan senam diabetes.

Senam Tai Chi

Senam yang berasal dari Tiongkok ini sangat sangat bermanfaat untuk kesehatan dan sangat cocok dipraktikkan di area perkarangan rumah bahkan di dalam ruangan karena gerakan yang lambat.

Senam ini merupakan gerakan tubuh dengan mengolah pernapasan disertai meditasi. Senam ini lebih berfokus pada keselarasan gerakan dan pernapasan. Hal ini berdampak pada perbaikan tingkat gula darah yang signifikan, vitalitas serta kesehatan mental yang cenderung meningkat dan bermanfaat untuk kesehatan penderita diabetes.

Senam Yoga

Istilah senam yoga tentu bukan hal yang asing lagi. Senam ini sangat mudah dan bisa diklakukan dengan meniru instrukturnya di berbagai video di internet.

Setelah merasakan dampak dari Senam Yoga tak ada salahnya jika menekuni kelas khusus yoga dengan pembina yang sudah profesional.

Senam yoga menggabungkan gerakan untuk membangun fleksibilitas, kekuatan dan keseimbangan. Senam ini  dapat memperbaiki kadar glukosa darah dan memperbaiki masa otot.

Selain itu, yoga juga dapat mencegah peningkatan risiko penyakit jantung dan mengatasi faktor-faktor pemicu penyakit jantung seperti stres, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Senam Wajah

Senam Wajah biasanya digunakan sebagai terapi ​Bell’s palsy​, pasca stroke atau trauma wajah yang mengakibatkan kelumpuhan otot wajah. Selain itu, senam tersebut juga dapat menyegarkan wajah, meningkatkan peredaran darah dan efeknya masih perlu diteliti lebih lanjut.

Adapun langkah-langkah pelaksanaan senam wajah adalah pertama, angkat kedua alis setelah itu dekatkan satu sama lain dengan mengerutkan dahi bisa juga dibantu dengan jari-jari tangan, kemudian kerutkan hidung, lalu tarik nafas lalu buang dengan lubang hidung mengembang, kemudian letakkan kedua tangan di masing-masing bibir menggunakan jari hingga membentuk senyuman.

Selanjutnya, lepaskan jari satu per satu boleh kiri dahulu setelah itu kanan, tekan kedua bibir seperti sedang menjepit bisa juga dibantu dengan sedotan kecil yang dijepit antara bibir, jepit ujung batang sedotan kecil boleh di kanan atau kiri pada mulut kemudian tahan hingga beberapa saat dan lepaskan.

Setelah itu cobalah untuk menarik dan menurunkan kedua sudut mulut. Seusai langkah-langkah tersebut dilakukan, bisa juga memijat wajah dengan menggunakan krim pelembab wajah agar otot wajah menjadi rileks.

Itulah empat macam jenis senam yang bisa dicoba di rumah terlebih saat pandemi ini. Tetap jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing, tetap semangat untuk hidup yang lebih baik mulai dari diri sendiri. [ulfa/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler