39 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Raya Padang Kembali Ditutup

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pasar Raya Padang kembali ditutup hari ini, Rabu (6/5/2020). Hal ini dilakukan Pemerintah Kota Padang karena 39 pedagang pasar dinyatakan positif virus corona (Covid-19).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal mengatakan penutupan pasar akan dilakukan di seluruh kawasan yakni dari fase I hingga fase VII.

Endrizal mengatakan penutupan dilakukan karena Pemko Padang akan kembali melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh kawasan pasar.

Hal ini dilakukan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona di Pasar Raya Padang.

“Pasar Raya Padang ditutup sementara mulai Rabu untuk dilakukan penyemprotan disinfektan,” kata Endrizal kepada wartawan, Selasa (5/5/2020).

Selain melakukan penyemprotan ke seluruh kawasan pasar, Pemko Padang juga akan melakukan tes swab kepada sekitar 1.000 pedagang.

Diperkirakan 1.000 pedagang tersebut pernah melakukan kontak dengan 39 pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kita akan lakukan tes swab kepada pedagang yang pernah kontak,” jelasnya.

Baca juga: 1.000 Pedagang di Pasar Raya Padang Akan Dites Swab

Dirinya mengatakan bahwa tes swab ini wajib diikuti oleh seluruh pedagang yang telah terdata. Jika ada pedagang yang tidak mau dites swab maka tidak diperbolehkan berdagang.

“Pedagang yang tak mau dites swab tak diperbolehkan berdagang,” tegasnya.

Jika hasil tes swab menunjukan hasil negatif maka pedagang diperbolehkan untuk berjualan namun bila positif harus menjalani perawatan yang telah ditentukan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Ferimulyani Hamid mengatakan tes swab kepada pedagang di Pasar Raya dilakukan, Rabu (6/5/2020). Rencananya sebanyak 1000 pedagang akan dites.

“Kita masih mengumpulkan data (pedagang) dari Dinas Perdagangan,” sebutnya.

Kadiskes berharap, dengan dilakukan tes swab, kasus positif pada pedagang yang tanpa gejala dapat terdeteksi. Sehingga diharapkan cepat dilakukan isolasi kepada para pedagang dan dapat memutus penularan.

Sebelumnya, sebanyak 1000 orang yang diduga telah melakukan kontak dengan pedagang Pasar Raya Padang positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 akan menjalani tes swab.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal menyebut tes swab tersebut akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan setempat guna mengetahui status serta tindak lanjut untuk orang-orang tersebut. [*/abe]


Baca berita Padang terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler