3.200 Judul Antarkan Unand jadi Perguruan Tinggi Terbanyak Nasional Publikasi Buku

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Ketua Lembaga Penilitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (Unand), Dr. Uyung Gatot Syafrawi Dinata mengatakan, jumlah buku karya dosen Unand mencapai 3.200 judul.

Publikasi buku sebanyak itu, kata Uyung, mengantarkan Unand sebagai perguruan tinggi dengan publikasi buku karya dosen terbanyak secara nasional.

Hal itu dungkapkan Uyung ketika menghadiri bedah buku karya 12 profesor wanita Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas (Unand) dibedah, Kamis (18/8/2022).

Buku yang dibedah berjudul ‘Peran Guru Besar Wanita Fakultas Peternakan Universitas Andalas dalam Menunjang Pembangun Peternakan di Indonesia’.

Buku tersebut terdiri dari empat bagian yakni, bagian Ternak Ruminansia, Ternak Unggas, Teknologi dan Industri Pakan dan Bioteknologi Hasil Ternak.

Adapun 12 guru besar atau profesor wanita tersebut adalah Prof. Arnim, Prof. Zaituni Udin, Prof. Fauzia Agustin, Prof. Mardiati Zain, Prof. Wizna, Prof. Mirnawati, Prof. Husmaini, Prof. Maria Endo Mahata, Prof. Nuraini, Prof. Yetti Marlida, Prof. Endang Purwati dan Prof. Salam N. Aritonang.

Sedangkan pembedah atau reviewer-nya adalah Prof. Novirman Jamarun (Universitas Andalas), Prof. Oscar Sjofjan (Universitas Brawijaya) dan Prof. Nurul Huda (Universitas Malaya Sabah).

Uyung mengapresiasi guru besar yang menerbitkan buku bertaraf nasional dan juga bisa disadur dalam bahasa inggris.

“Semangat kita semua dosen-dosen Universitas Andalas agar hasil karya pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan inovasi selalu dipublikasikan tidak hanya dalam bentuk jurnal proseding tetapi juga dalam bentuk buku,” harapnya.

Baca juga: Buku Karya 12 Profesor Wanita Faterna Unand Dibedah, Ini Harapan Rektor Yuliandri

Menurut Uyung, buku yang dibedah tentu saja menambah jumlah buku di Univesitas Andalas dan akan bermanfaat bagi masyarakat, dunia usaha dan dunia industri, serta juga akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah dalam pengambilan kebijakan. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist