255 Rumah dan 55 Hektare Lahan Pertanian Warga Terendam Banjir di Ranah Batahan Pasbar

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak 255 rumah di Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terendam banjir. Ratusan rumah yang terendam itu tersebar di tiga jorong, Sabtu (18/12/2021).

Diketahui, banjir yang melanda tiga jorong di Kecamatan Ranah Batahan itu diakibatkan meluapnya Sungai Batang Batahan dan Batang Taming, karena intensitas hujan yang cukup tinggi sejak Jumat (17/12/2021).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pasbar, Edi Murdani mengatakan, berdasarkan data dari pemerintah nagari persiapan di daerah itu, selain merendam rumah warga, banjir juga merendam puluhan hektare lahan pertanian warga.

Tiga jorong yang terendam banjir itu, kata Edi, yaitu Jorong Taming Batahan, Jorong Air Napal dan Jorong Kampung Baru.

“Di Jorong Air Napal, tiga rumah rusak parah akibat diterjang banjir, 93 rumah terendam, satu polongan runtuh dan 30 hektare lahan pertanian warga juga ikut terendam,” ujarnya, Sabtu (18/12/2021).

Lalu, kata Edi, di Jorong Taming Batahan, sebanyak 150 rumah terendam banjir dan 25 hektare lahan pertanian warga juga ikut terendam.

“Di Jorong Kampung Baru, banjir juga merendam 12 rumah warga, dua di antaranya rusak ringan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, menurut Edi, berdasarkan laporan yang ia dapatkan, pekarangan rumah warga juga rusak akibat longsor dan banjir.

“BPBD, TNI, Polri, Dinkes, PU, PMI, Dinsos, dan pemerintah nagari juga sudah bergerak ke lokasi untuk membantu mengevakuasi para korban,” ucapnya.

Baca juga: Banjir di Pasaman Barat, 3 Rumah Warga Dilaporkan Hanyut

Bahkan, lanjut Edi, personel gabungan reaksi cepat tanggap darurat bencana juga telah mendirikan dapur umum untuk kebutuhan warga di Jorong Aek Napal, Jorong Taming, dan Jorong Kampung Baru. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist