Banjir di Pasaman Barat, 3 Rumah Warga Dilaporkan Hanyut

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Sejumlah daerah di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) digenangi banjir akibat meluapnya beberapa sungai di wilayah itu setelah diguyur hujan sejak Jumat (17/12/2021) siang kemarin.

Ada tiga lokasi yang saat ini terparah diterjang banjir yaitu Jorong Kampung Baru, Jorong Taming Batahan, dan Jorong Aek Napal di Kecamatan Ranah Batahan.

“Meluapnya air sungai ini ke pemukiman warga diketahui sejak pukul 04.00 WIB pagi tadi dan saat ini hujan masih terus mengguyur,” kata relawan Palang Merah Indonesia Kecamatan Ranah Batahan, Agus Martaon kepada Padangkita.com, Sabtu (18/12/2021) pagi.

Saat ini ketinggian air di pemukiman warga sudah sedalam 70 – 150 sentimeter dan kemungkinan akan terus naik karena hujan lebat masih terus mengguyur.

“Di Jorong Aek Napal, Nagari Desa Baru tiga rumah warga hanyut namun bersyukur tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Saat ini pihaknya bersama-sama dengan stakeholder terkait lainnya tengah membantu mengevakuasi warga dan melakukan pendataan kondisi di lapangan.

Saat ini akses transportasi lalu lintas di daerah itu terhambat dan diharapkan kepada pengendara untuk berhati-hati.

Terakhir, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan secepatnya kepada pihak terkait apabila diketahui adanya bencana didaerah masing-masing.

Baca Juga: Banjir di Silaut Pessel Rendam Ratusan Rumah, Masjid, dan Puskesmas Pembantu

Hingga berita ini diturunkan, situasi di Pasbar masih hujan lebat. [rom/fru]

Terpopuler

Add New Playlist