2.824 Siswa Miskin di Pessel Terima Beasiswa

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com – Sebanyak 2.824 siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu di Pesisir Selatan (Pessel), menerima beasiswa transisi dari pemerintah kabupaten setempat.

Disebut beasiswa transisi karena beasiswa ini khusus diberikan kepada anak yang akan memasuki jenjang pendidikan SD dan kepada anak yang akan menempuh jenjang SMP.

Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Hendrajoni, kepada 10 orang perwakilan siswa di Kecamatan Bayang, Jumat (13/12/2019).

Bupati Hendrajoni, dalam kesempatan itu mengemukakan, kebijakan pemberian beasiswa transisi merupakan jawaban terhadap permasalahan sulitnya keluarga kurang mampu membeli pakaian dan keperluan sekolah lainnya untuk anak-anaknya pada awal tahun ajaran.

“Diharapkan dengan adanya beasiswa ini dapat membantu masyarakat terutama dalam pengadaan pakaian dan keperluan sekolah lainnya,” harap bupati.

Diakuinya belum semua siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu mendapatkan beasiswa. “Karena keterbatasan anggaran, tahun ini Pemkab menganggarkan Rp1,5 miliar,” katanya.

Dijelaskan kebijakan pemberian beasiswa akan terus dilanjutkan, pada tahun berikutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Suhendri menambahkan, penerima beasiswa sebanyak 2.824 itu, berasal dari siswa SD sebanyak 1.424 orang dan 1.400 orang siswa SMP.

Setiap penerima beasiswa menerima satu paket yang terdiri dari sepatu, pakaian merah putih untuk SD, putih biru untuk SMP serta pakaian pramuka, tas, topi dan dasi. “Masing masing paket untuk SD bernilai Rp669.000, dan untuk SMP senilai Rp737.800,” paparnya.

Baca juga: Keluarga Dua Korban Tewas di Tahanan Polsek Sijunjung Terima Rp 500 Juta

Salah seorang wali muri penerima beasiswa, Ermida, mengaku sangat terbantu. “Alhamdulillah kami tidak perlu berpikir lagi tentang pembelian pakaian sekolah, karena sudah ada beasiswa.” sebutnya. (*/pk-01)