120 Pemain Ikuti Seleksi PS Pasbar, Bupati Hamsuardi Ingatkan Jangan Ada yang Titipan

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak 120 orang pemain sepakbola Pasaman Barat (Pasbar) mengikuti seleksi untuk bergabung dengan klub Persatuan Sepakbola Pasaman Barat (PS Pasbar), Sabtu (17/7/2021).

Seleksi yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Pasaman Baru itu berlangsung mulai Sabtu (17/7/2021) pagi hingga sore dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

“Dari data administrasi yang kita terima, ada 120 orang lebih pemain sepakbola dari berbagai daerah di Pasbar ikut seleksi untuk memperkuat PS Pasbar mengikuti kompetisi Liga 3 PSSI mendatang,” kata Ketua Umum PS Pasbar, HD Dianovri Harpama didampingi Wakil Ketua II, Kiki saat dikonfirmasi Padangkita.com, Sabtu (17/7/2021) sore.

Ia menyampaikan, dari seluruh peserta seleksi itu nantinya akan disaring lagi menjadi 25 orang peserta yang memenuhi syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh PS Pasbar.

“Kita tentu sangat selektif dalam melakukan seleksi, karena yang kita butuhkan adalah pemain yang benar-benar unggul dan berpotensi. Selain itu usianya harus berkisar di antara 19 tahun sampai 22 tahun,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Ade ini juga menyebutkan bahwa timnya masih akan melakukan pemantauan ke setiap kecamatan untuk menjaring bibit-bibit unggul pemain sepakbola di luar pemain yang lolos seleksi saat ini.

“Tujuannya adalah untuk menyisip para pemain yang ketika training center nanti kurang serius atau tidak ada perkembangan cara bermain. Tentu itu akan kita antisipasi, karena kita ingin nanti memang tim untuk Liga 3 ini adalah yang benar-benar serius dan satu tujuan,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk pertandingan pada liga 3 PSSI yang rencananya akan berlangsung antara Agustus-Oktober mendatang juga akan diperkuat oleh para pemain senior sesuai regulasi yang ditetapkan oleh PSSI.

“Selain pemain yang kita seleksi hari ini, nantinya juga akan ada sekitar lima orang pemain senior yang ikut dalam pertandingan, di mana dalam formasi itu ada tiga orang yang ikut bermain sedangkan dua orang lainnya sebagai pemain cadangan,” ungkap Ade.

Senada dengan itu, Wakil Ketua II PS Pasbar Kiki menyebutkan bahwa dalam proses seleksi kali ini pihaknya sedikit mengalami kesulitan untuk mendapatkan pemain yang berada pada posisi vital seperti striker dan bek tengah.

“Butuh waktu lebih untuk kita mendapatkan pemain pada posisi itu. Namun kita optimis, posisi itu nantinya pasti akan terpenuhi dan kita diperkuat ketika TC mendatang,” paparnya.

Dihubungi terpisah, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi kepada Padangkita.com menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para peserta yang begitu antusias mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh PS Pasbar untuk persiapan menghadapi Liga 3 PSSI tahun 2021 ini.

“Setiap peserta yang hadir di lapangan untuk mengikuti seleksi saya anggap itu sebagai suatu andil mereka untuk memajukan dunia sepakbola di Bumi Tuah Basamo ini. Kalau soal siapa yang terpilih, itu adalah hal yang kedua,” ujarnya.

Ia menyampaikan kepada para pengurus PS Pasbar untuk menyatukan tekad. Harus punya target, karena pada masa masih aktif sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Hamsuadri sekaligus sebagai manajer tim PS Pasbar. Waktu itu, kata Hamsuardi, PS Pasbar pernah sampai di jenjang divisi 1 PSSI.

“Saya tadi pagi saat pembukaan latihan menyampaikan bahwa proses seleksi harus berjalan dengan adil dan jujur. Tidak ada yang namanya pemain titipan, hasil harus objektif sesuai kemampuan para peserta,” ucapnya.

Selain itu, Hamsuardi juga menegaskan agar seluruh pengurus, pelatih dan pemain PS Pasbar untuk serius dan fokus terhadap tujuan bersama.

Baca juga: PS Pasbar Gelar Seleksi Terbuka Pemain Baru Hadapi Kompetisi Liga 3 PSSI, Ini Jadwalnya

“Pemain harus optimis dan harus total fokus seratus persen dalam latihan. Mudah-mudahan PS Pasbar bisa menorehkan prestasi untuk Pasaman Barat ke depan, khususnya di dunia olahraga sepakbola,” pungkasnya. (rom/pkt)

Terpopuler