10 Makanan Terbaik untuk Penderita Hipertensi

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang sering diderita masyarakat dunia. Tercatat, lebih dari 1 miliar orang di dunia memiliki tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Alodokter.com, hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah di 130/80 mmHg atau lebih. Jika tidak segera ditangani, hipertensi bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius yang mengancam nyawa, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Obat-obatan, termasuk penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), biasanya digunakan untuk menurunkan hipertensi. Namun, merubah gaya hidup, termasuk memperbaiki pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke tingkat yang optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Diet sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya di tingkat yang optimal. Penelitian membuktikan, makan makanan yang tinggi nutrisi spesifik seperti kalium dan magnesium dapat mengurangi tingkat tekanan darah And.

Dilansir dari Healthline, berikut 10 makanan sehat terbaik untuk penderita hipertensi:

Baca juga: Dua Hobi Mulia Syekh Ali Jaber, Umat Islam Bisa Tiru dan Teruskan

1. Buah Sitrus

Ragam jenis buah citrus ini diantaranya adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit, dan buah clementine. Buah-buahan tersebut memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat.

Jeruk hingga clementine kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi

Namun, jus grapefruit dan grapefruit dapat mengganggu obat penurun tekanan darah yang umum, jadi konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

2. Salmon dan ikan berminyak lainnya

Ikan berminyak adalah ikan yang dagingnya mengandung minyak, seperti sarden, teri, salmon, dan makerel.

Ikan berminyak adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik, yang memiliki manfaat kesehatan jantung yang signifikan. Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyempit pembuluh darah yang disebut oxylipin.

3. Biji Labu

Meski kecil, biji labu memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh termasuk bagi penderita hipertensi.

Mereka adalah sumber nutrisi terkonsentrasi yang penting untuk kontrol tekanan darah, termasuk magnesium, kalium, dan arginin, asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat, yang penting untuk relaksasi pembuluh darah dan pengurangan tekanan darah.

Minyak biji labu juga telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk tekanan darah tinggi.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah, seperti serat, magnesium, dan kalium. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan dan lentil dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Meskipun wortel dapat dinikmati dimasak atau mentah, memakannya mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Seledri

Seledri adalah sayuran populer yang mungkin memiliki efek positif pada tekanan darah. Sayuran ini mengandung senyawa yang disebut phthalides, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

7. Biji Chia dan Rami

Biji chia dan rami adalah biji kecil yang sarat dengan nutrisi yang penting untuk pengaturan tekanan darah yang sehat, termasuk kalium, magnesium, dan serat.

8. Bayam

Bayam kaya akan nitrat, antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

9. Tomat

Tomat dan produk olahan tomat kaya akan banyak nutrisi, termasuk potasium dan pigmen likopen karotenoid.

Likopen secara signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung, dan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi ini, seperti produk tomat, dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

10. Brokoli

Brokoli dikenal karena banyak efek menguntungkannya pada kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah.

Brokoli mengandung antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. [try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler