Novri Setiawan, Talenta Muda Minang di Kandang Macan

Novri Setiawan (Foto: Twitter)

Padangkita.com – Ranah minang hingga kini masih bisa melahirkan sejumlah pemain-pemain sepakbola yang memiliki kualitas yang mumpuni. Mereka pun masih dan pernah tercatat bermain disejumlah klub ternama di tanah air. Sebut saja Irsyad Maulana
yang pernah membela Arema FC dan Semen Padang FC, Rudi Doank (SPFC), Hengki Ardilles (Persikabo, Semen Padang FC) dan masih terdapat sejumlah nama lainnya. Namun tahukah dengan nama Novri Setiawan?.

Novri Setiawan, lahir di Padang Pariaman pada 11 November 1993. Ajo Piaman ini saat ini bermain utuk klub asal ibukota, Persija Jakarta. Posisi idealnya adalah gelandang bertahan namun kerap juga dimainkan sebagai pemain belakang. Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco, tak pernah cemas jika Ismed Sofyan absen saat Persija bertanding. Teco tel akan mengandalkan Novri Setiawan di posisi bek kanan senior tersebut. Intinya, saat ini posisinya hampir dikatakan tidak tergantikan di klub tersebut.

Dilansir dari sejulamlah sumber, Novri memulai karir di klub kampungnya yakni Persepar Padang Pariaman. Berkata penampilan yang gemilang, Novri bahkan pernah memperkuat tim nasional Indonesia U-16 dan U-17 (SAD Uruguay). Karirnya terus berlanjut untuk membela tim nasional Indonesia U-19 (SAD Uruguay) dan tim nasional U-23.

Sementara itu untuk karir klub, Setelah dari Persepar Padang Pariaman, Novri kemudian menyeberang ke klub asal Palembang, Sriwijaya FC. Ditahap awal, Novri membela Sriwijaya U-21. Dirinya pun berhasil membawa Sriwijaya FC menjadi juara ISL U-21 pada tahun 2013. Berkat keberhasilan tersebut, Novri langsung ditawarkan untuk bergabung ke tim senior.

Setelah hengkang dari Sriwijaya, Novri akhirnya memutuskan bergabung dengan Persebaya Surabaya hingga akhirnya pindah dan memperkuat Persija Jakarta hingga saat ini.

Laga Semen Padang kontra Persija Jakarta pada pekan ke-18 Torabika Soccer Championship, Sabtu (03/09/2016) menjadi momen mengharukan bagi Novri Setiawan. Selain turut andil dalam mempersembahkan 1 poin bagi timnya, Novri mengaku senang bisa bermain di kampung halamannya.

Dalam pertandingan yang berlangsung di GOR Haji Agus Salim Padang itu Novri memang terlihat tampil bersemangat. Seperti biasa, tusukan tusukannya beberapa kali mampu merepotkan lini pertahanan Semen Padang.

Baca juga:
Janji Tampil Maksimal, Nilmaizar: Semen Padang FC Bukan Tim yang Mudah Diremehkan

Pemain bernomor punggung 32 itu memang terlihat begitu bersemangat, tak jarang pemain lawan menghentikan pergerakannya dengan melakukan pelanggaran. Ternyata, bermain di Padang meninggalkan kesan tersendiri bagi pemain asal Pariaman, Sumatera Barat itu. Novri menyatakan bangga bahwa timnya mampu menghentikan rekor apik Kabau Sirah yang punya rekor fantastis kala berlaga di depan pendukungnya.

”Sebagai putra Minang, saya senang bisa bermain disini,” tutur Novri saat itu.