KAMERAD Sumbar Gelar Unjuk Rasa Tuntut Wako Padang Copot Kadinas Perdagangan

Kadis Perdagangan Kota Padang Endrizal (dua kanan) berdamai dengan Yanti, pedagang kakilima di Pasar Raya Padang (Foto: Humas Kota Padang)

Padangkita.com – Komite Aksi Mahasiswa dan Pemuda untuk Reformasi dan Demokrasi (KAMERAD) Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar aksi unjuk rasa mendesak kepada dinas perdagangan kota Padang dicopot dari jabatannya.

Perwakilan KAMERAD Sumbar, Akmal Usman menyatakan rencana aksi ini sebagai bentuk protes dari arogansi yang dilakukan oleh kepala dinas perdagangan kepada pedagang kaki lima beberapa waktu lalu.

“Kami meminta walikota Padang mencopot bapak sebagai kepala dinas perdagangan,” katanya dalam rilis yang diterima Padangkita.com, Senin (07/08/2017).

Aksi ini rencananya akan dilaksanakan pada Selasa, (08/08/2017) bertempat di rumah kediaman walikota Padang di Jalan Jenderal Sudirman sekira pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, video amatir yang direkam seorang pedagang Pasar Raya Padang memperlihatkan Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal sedang mengamuk. Dia membanting barang milik pedagang lantaran kesal kendaraannya tidak bisa melintasi
Jalan Sandang Pangan.

Hal ini karena banyak pedagang menggelar barang dagangannya hingga ke badan jalan.

Sementara itu, pedagang pasar raya, Yanti yang barang dagangannya dibuang dan dilempar oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, mengakui salah dan khilaf.

Yanti mengakui dan menyadari kesalahannya karena meletakkan barang dagangannya melebihi batas yang ditentukan (di bibir jalan tempat berjualan) sehingga menganggu arus dan laju kendaraan dan barang dagangannya tersenggol oleh mobil kadinas perdagangan kota Padang.

Keduanya sepakat berdamai, setelah kasus perusakan dagangan yang dilakukan Kepala Dinas Perdagangan kemarin. Video perusakan itu pun menjadi viral di media sosial.

Baca juga:
Empat Pondok Alquran Bakal Berdiri di Pesisir Selatan