Kalah Lagi, Argentina Terlalu Bergantung Pada Messi

Lionel Messi (Foto/Twitter)

PadangKita – Tim nasional Argentina sepertinya tidak bisa melepaskan ketergantungannya pada Lionel Messi.

Tanpa Messi Argentina harus mengakui keunggulan Bolivia 2-0 saat bertanding dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol di La Paz, Bolivia, Selasa (28/3/2017).

Hal ini mematahkan pernyataan pelatih Argentina, Edgardo Bauza yang sebelumnya menyatakan bahwa timnya tidak terlalu bergantung kepada pemain asal Barcelona itu.

“Saya tidak berpikir bahwa tim ini bergantung kepada Messi,” katanya seperti dikutip dari FourFourTwo.

Hal serupa juga pernah dilontarkan mentap pemain Juventus, Mauro Camoranesi. Ia menyatakan Messi merupakan pemain dengan kemampuan yang hebat dan bisa memberikan perbedaan di setiap tim yang ia bela.

“Leo (Messi) adalah pemain yang hebat. Ia pemain yang berbeda dan bisa membuat perbedaan dalam tim ini,” katanya.

Dalam statistik pertandingan Argentina di kualifikasi Piala Dunia 2018, bisa di hitung berapa kemenangan Argentina tanpa adanya Messi.

Argentina cuma bisa menang satu kali atas kolombia, itu pun dengan skor tipis 1-0.

Bandingkan jika Messi bermain, hampir 90 persen pertandingan dimenangkan oleh Argentina.

Selain itu, dari 11 gol terakhir Argentina, sembilan di antaranya melibatkan bintang Barcelona tersebut. tercatat Messi menyumbang 5 assist dan 4 gol.

Absennya Messi memang sangat berpengaruh pada penampilan tim nasional. Daya gedor La Albiceleste jauh mengendur tanpa Messi di lini depan meskipun sejumlah nama tenar seperti Mauro Icardi, Gonzalo Higuian dan Di Maria ada di sana.

Ini bisa menjadi sinyal negatif bagi Argentina mengingat Messi dihukum 4 laga karena diduga menghina wasit saat menghadapi Chile di pertandingan kualifiasi Piala Dunia beberapa waktu lalu.

Baca juga:
Singkirkan Messi, Ronaldo Cetak Rekor Gol di Kompetisi Antarklub Eropa