Ini Alasan Mengapa Keyboard Harus Sering Dibersihkan

Padangkita.com – Keyboard merupakan salah satu perangkat yang sangat penting saat mengoperasikan komputer. Namun, pengguna perlu berhati-hati, karena keyboard komputernya mungkin lebih kotor dari dudukan toilet.

Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa meja komputer memiliki jumlah bakteri 400 kali lipat lebih banyak daripada dudukan toilet, dilansir dari businessinsider.com.au.

Kursi toilet menampung sekitar 50 bakteri per inci persegi, menjadikannya area yang tidak terlalu banyak bakteri. Namun, tidak demikian dengan komputer. Apalagi yang dipakai oleh banyak orang.

Rumah sakit Chicago menemukan bahwa keyboard komputernya mengandung bakteri Staphylococcus yang resistansi terhadap obat selama 24 jam. Rumah sakit lain di Belanda meneliti seribu keyboard yang ada di sana dan menemukan bahwa 95 diantaranya positif memiliki bakteri Streptococcus, Staphylococcus, dan patogen lain. Hal ini membuatnya menjadi permukaan paling kotor di unit gawat darurat.

Mengingat seringnya kita menggunakan komputer, wajar saja ada banyak kotoran tersembunyi di celah-celah keyboard. Kita biasa terburu-buru mengetik setelah kembali dari luar ruangan, atau makan di meja dan kemudian menggunakan keyboard dengan sisa-sisa makanan yang menempel.

Ada juga beberapa orang yang menggunakan komputer setelah bersin dan batuk di dekat keyboard sepanjang hari.

Kapan waktu untuk membersihkan keyboard?

Sebagian besar ahli mikrobiologi setuju bahwa setiap orang harus mengelap meja dan keyboard komputer setidaknya satu kali dalam seminggu.

Para dokter dan perawat di National Center for Health Research (NCHR) menganjurkan agar keyboard rumah sakit dibersihkan dengan disinfektan satu kali sehari. NCHR juga menyarankan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan komputer bersama, terutama saat musim flu.

Jika komputer tersebut digunakan secara pribadi, sebagian besar bakteri berasal dari tangan orang itu sendiri sehingga tidak terlalu berbahaya. Meskipun begitu, tetap cuci tangan dan membersihkan meja agar bakteri tidak menumpuk.

Untuk membersihkan keyboard dapat dilakukan dengan mudah. Pertama, matikan komputer dan cabut kabelnya sebelum membersihkan dengan disinfektan. Kemudian, singkirkan remah-remah atau pasir yang menempel pada keyboard sebelum dilap.

Selain keyboard, layar telepon genggam  juga perlu dibersihkan karena kita sangat sering memegang dan membawanya kemanapun. Akibatnya, telepon genggam juga bisa mengandung bakteri E.coli dan Streptococcus.

Baca juga:
Cara Budiono Dapat Rp10 Juta per Bulan dari Vlog