Garuda dan Lion Air Buka Penerbangan Langsung Padang-Jedah-Madinah

Pesawat yang membawa kloter 1 jemaah haji embarkasi Padang (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Lion Air dalam waktu dekat akan membuka penerbangan dari Padang langsung menuju Jedah dan Madinah.

Dengan dibukanya jalur baru tersebut diharapkan dapat mempermudah penerbangan dan membuat harga tiket lebih murah dan efisien.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah mengatakan pengoperasian kedua maskapai sudah bisa dilakukan mulai bulan ini (November).

“Dengan dibukanya jalur baru ini tentunya akan mempermudahkan masyarakat di Sumatera Barat. Akses menjadi lebih mudah serta mengurangi biaya,” tuturnya dikutip dari humas, Jumat (10/11/2017).

Rencananya, maskapai Garuda Indonesia penerbangan Padang menuju Jeddah mulai akan beroperasi pada 12 November dan Maskapai
Lion tujuan Padang menuju Madinah pada 15 November mendatang.

“Dengan adanya jalur Padang menuju Jeddah dan Padang menuju Madinah tentu saja akan memudahkan masyarakat yang akan melakukan umrah di tanah suci. Ini akan mengurangi biaya transportasi juga kemudahan lainnya,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, dengan pembukaan jalur penerbangan itu diharapkan akan menambah lahan perekonomian masyarakat sekitar BIM dan Asrama Haji Padang.

“Semoga ini dapat menambah perekonomian di Kota Padang seperti dari sektor kuliner. Dikarenakan jumlah orang yang beribadah umrah melalui jalur Padang pasti akan bertambah. Selain itu pihak tour dan travel juga bisa memanfaatkan hal ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Maskapai Air Asia resmi menerbangi rute Padang – Singapura mulai 9 Februari 2018 guna konektivitas internasional dan mendukung kegiatan pariwisata.

CEO Group Air Asia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan anak usaha Air Asia Group itu membuka dua rute baru yakni dari Padang – Singapura dan Medan – Singapura setiap hari mulai 9 Februari mendatang.

“Singapura masih jadi salah satu tujuan popular bagi turis Indonesia, karena kedekatan geografis serta beragam tujuan wisata yang ditawarkan,” katanya, Kamis (9/11/2017).

Ia menuturkan pembukaan rute baru itu juga akan memudahkan promosi wisata daerah, seperti Sumbar dan Sumut yang akan diuntungkan dan dimudahkan mendatangkan turis mancanegara ke daerahnya.

Sementara itu, harga tiket untuk rute Padang – Singapura dijual mulai dari Rp599.000 dan terbang setiap hari.

BAGIKAN