Wisawatan Asal Kerinci Pingsan Saat Mandi-mandi di Pulau Setan Mandeh, Ini Penyebabnya

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com – Seorang wisatawan asal Kerinci, Provinsi Jambi tiba-tiba pingsan saat menadi-mandi di pantai Pulau Setan, kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sabtu (7/5/2022).

Kasat Polair Polres Pessel Iptu Rosa Harisman mengatakan, wisatawan pria tersebut bernama Marganti, 56 tahun. Anggota Polair yang memang rutin berpatroli di sekitar lokasi, langsung memberikan pertolongan.

Korban dengan cepat dibawa menggunakan speed boat ke dermaga dan langsung dilarikan ke Puskesmas Tarusan dengan ambulans.

Usai mendapat perawatan di Puskesmas Tarusan, korban pun kembali sadar. Menurut tim medis, korban mempunyai penyakit bawaan yakni penyakit jantung.

Rosa Harisman menyebutkan, Pesisir Selatan yang merupakan daerah pesisir laut memang punya objek wisata di sepanjang garis pantainya. Oleh sebab itu, timnya pun selalu berpatroli. Apalagi, pada libur Lebaran Idulfitri 1443 H/2022 ini, objek wisata pantai dan pulau di Pessel sangat ramai dikunjungi

“Pagi hingga sore hari kami melakukan patroli di sejumlah titik, mulai dari Pulau Cingkuak. Bahkan, hingga malam di kawasan wisata Mandeh. Patroli ini mengarah ke jalur rawan terjadinya kejahatan, maupun rawan terjadinya kecelakaan laut. Kami juga telah memasang spanduk imbauan,” ujarnya.

Selain melakukan patroli, pihaknya juga membantu pelayaran kapal wisata yang akan bersandar. Sebab, bahaya selalu mengancam saat menurunkan penumpang, di mana ombak menerjang.

Kondisi makin rawan, karena wisatawan banyak yang tidak berpengalaman di alam laut.

Polair Polres Pessel, juga mengecek kesiapan di masing–masing pulau yang dikunjungi oleh wisatawan, termasuk kesiapan keselamatan bersama tim kesehatan.

Baca juga: Jalan Painan – Padang Macet Parah hingga Malam Ini, Kendaraan Hanya Bisa Beringsut

“Selain patroli, kita juga tadi menyempatkan untuk menghampiri para nelayan dan para Anak Buah Kapal (ABK) wisata di sebuah kapal,” kata Rosa Harisman. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist