Web PPDB Online SMA di Sumbar Sudah Bisa Diakses, Bagi yang Kesulitan Jaringan Datang ke Sekolah

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Sudah sepekan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri sederajat secara online di Sumatra Barat (Sumbar) bermasalah.

Senin (29/6/2020) ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sumbar kembali membuka pendaftaran PPDB melalui situs web ppdbsumbar.id/ yang direncanakan akan dibuka pada pukul 10.00 WIB. Namun, situs web baru bisa diakses mulai pukul 12.00 WIB. Itu pun untuk PPDB SMA, sementara SMK hingga belum ada penjelasan.

Awalnya Disdikbud Sumbar mengeluarkan jadwal pendaftaran PPDB secara daring melalui situs web ppdbsumbar2020.id/ mulai tanggal 22 hingga 25 Juni 2020. Namun situs web itu mengalami eror sehingga tidak dapat diakses oleh pendaftar. Akhirnya situs web diubah ke ppdbsumbar.id.

Sekretaris Panitia PPDB Online Sumbar, Irman mengatakan, pihaknya telah melakukan pembenahan situs PPDB online selama empat hari, bekerja sama dengan UPT PTIK Universitas Negeri Padang.

Pendaftaran kembali dibuka selama empat hari, dimulai hari ini (29/6/2020) hingga Kamis (2/7/2020) dengan alur dan tata cara pendaftaran sama seperti semula.

“Iya, kita sudah buka kembali, kita jadwalkan pukul 10.00 WIB ini telah bisa diakses,” ucap Irman saat saat dihubungi Padangkita.com melalui sambungan telepon, Senin (29/6/2020).

Dengan perubahan situs web ini, dia berharap pendafatran PPDB online dapat berjalan dengan baik tanpa ada masalah lagi. Pasalnya, belajar dari kesalahan sebelumnya, pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi adanya lonjakan pengunjung situs dan permasalahan jaringan.

“Kita sekarang akumulasikan ke setiap daerah-daerah, berapa jumlah pendaftar sehingga kita siapkan untuk daya tampung situsnya, semoga ini tidak bermasalah lagi,” harapnya.

Ada Posko Daftar Online di Sekolah

Ditambahkannya, khusu soal jaringan, bagi daerah-daerah yang tidak memiliki akses internet yang baik, pihaknya menyediakan posko pendaftaran di setiap sekolah agar bisa dibantu untuk melakukan pendaftaran.

“Warga yang kesulitan untuk mengakses internet, bisa menitipkan datanya ke sekolah yang ingin dia daftar. Nanti pihak sekolah akan bantu daftarkan,” jelasnya.

Dari pantauan Padangkita.com siang tadi, situs web ppdbsumbar.id/ telah dapat diakses. Pendaftaran bagi peserta mesti dilakukan dengan memasukan NISN dan nomor peserta. [mfz/pkt]


Baca berita Padang terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler