Warung di Pasar Tarusan Ditimpa Pohon, Jumlah Bangunan yang Rusak di Pessel Terus Bertambah

Penulis: Redaksi

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Satu warung di Tarusan Pesisir Selatan tertimpa pohon akibat angin kencang.

Painan, Padangkita.com – Akibat Angin kencang, satu warung di Pasar Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tertimpa pohon. Bagian atap bangunan rusak dan barang dagangan juga ikut berserakan.

Kepala Seksi Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel Hasnul Karim kepada Padangkita.com menyampaikan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, Jumat (2/4/2021).

“Kalau kita lihat, kategorinya rusak berat. Tapi beruntung tidak ada warga yang luka-luka atau korban jiwa,” katanya.

Warung minuman dan makanan yang ditimpa pohon itu, diketahui milik Daril, 45 tahun. Setelah kejadian, tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pessel langsung menuju lokasi dan membantu membersihkan material kayu.

Hasnul mengatakan laporan kerusakan rumah masyarakat yang tertimpa pohon maupun dampak angin kencang terus bertambah.

Sebelumnya, pada Kamis (1/4/2021) dilaporkan sebanyak 41 unit rumah rusak akibat angin kencang. Pada Jumat (2/4/2021) jumlahnya sudah mencapai 50 unit. Bangunan tersebut ada yang rusak ringan hingga rusak berat.

“Iya, akibat angin kencang itu, jumlah kerusakan rumah terus bertambah. Sebagian tertimpa pohon dan sebagian rusak karena hantaman angin yang sangat kuat,” kata Hasnul.

Untuk kerusakan tersebut, lanjut Hasnul, tim BPBD akan membuat laporan tentang upaya lebih lanjut terkait bencana alam itu.

Hasnul menyebutkan, 50 unit rumah yang rusak terkait peristiwa angin kencang itu tersebar di lima kecamatan. Yakni di Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, Batang Kapas, dan Sutera.

Baca juga: Angin Kencang di Pessel, Sejumlah Pohon Tumbang hingga Kubah Masjid Raya Painan Rusak

“Kita minta warga untuk terus waspada. Sebab angin kencang masih terjadi hingga kini,” tutupnya. [nik/pkt]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler