Wako Genius Umar Ajak Para ASN Bersihkan Area Pertanian Petani di Desa Marabau

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Wali Kota (Wako) Pariaman, Genius Umar mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ikut gotong royong membersihkan area persawahan petani di Desa Marabau, Kecamatan Pariaman Selatan, Jumat (24/9/2021).

Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya membasmi serangan hama tanaman pangan, khususnya area tanaman padi di Kota Pariaman, karena area tanaman dan saluran irigasi kurang bersih.

Genius Umar mengatakan, gotong-royong itu merupakan salah satu upaya ASN atau pemerintah menolong para petani.

“Jika area ini bersih, tidak ada semak-semak lagi, maka hama seperti hama wereng, hama tikus akan hilang. Para petani juga bisa mengatur kebutuhan air pada irigasi-irigasi yang saat ini telah tersedia,” ujarnya, Jumat (24/9/2021).

Menurut Genius Umar, sektor pertanian, khususnya padi sawah merupakan sektor pertanian andalan di Kota Pariaman.

Bahkan, ucap Genius Umar, 60 persen warga Kota Pariaman adalah petani, dan ekonominya bergantung pada sektor pertanian.

“Makanya, saya libatkan ASN juga untuk membantu petani dalam upaya penanggulangan hama, sehingga para petani kita bisa kembali bertani dan meningkatkan hasil pertaniannya, jika hasil pertanian kembali meningkat tentunya masyarakat kita akan sejahtera,” paparnya.

Genius Umar mengaku, bahwa selama ini ia sudah menekankan agar dinas terkait memfokuskan program kegiatannya untuk membantu masyarakat, baik itu melalui penyuluhan, pengucuran program-program bantuan pemerintah dalam memudahkan masyarakat dalam meningkatkan hasil usahanya.

Baca juga: 2 Atlet Kota Pariaman Ikut Berlaga di PON Papua, Ini Pesan Wako Genius Umar

“Semoga musim tanam berikutnya, seluruh tanaman petani di Kota Pariaman jauh dari hama dan hasilnya bisa meningkat,” katanya. [adv]

Terpopuler