Wabup Pessel Minta Didirikan SMK, Beasiswa untuk Mahasiswa hingga Pembinaan Nelayan ke Gubernur Sumbar

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Wabup Pessel, Rudy Hariyansyah usulkan sejumlah program ke Gubernur Sumbar.

Painan, Padangkita.com – Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Rudy Hariyansyah mengusulkan sejumlah program kerja ke Gubenru Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka sinkronisasi program atau kegiatan pembangunan provinsi, kabupaten dan kota se-Sumbar tahun 2022.

Dari sejumlah usulan yang disampaikanm Rudi ke Gubernur Sumbar, yang diutamakan yaitu bidang pendidikan.

Untuk bidang pendidikan, jelas Rudi, ia meminta agar Gubernur Sumbar mendirikan SMK di Bayang dan Lengayang serta diberikan subsidi iuran komite sekolah, khusus SMA dan SMK.

Kemudian, dia juga meminta agar Gubernur Sumbar memberikan beasiswa bagi mahasiswa Pessel.

“Kemudian, Pessel juga memiliki potensi kelautan dan pertanian. Maka, kita minta ke Gubernur Mahyeldi agar memberikan program pembinaan kepada nelayan, bantuan alat tangkap, budidaya perikanan dan modernisasi alat pertanian,” ujar Rudi dalam Rakor yang digelar di Kota Padang, Selasa (9/3/2021).

Menanggapi hal itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, untuk bidang pertanian jajarannya memberikan perhatian pada bidang pertanian, peternakan, infrastruktur, pariwisata dan budaya.

“Pessel merupakan salah satu daerah lumbung beras di Sumbar, kita memberikan perhatian kepada pembenahan irigasi dan distribusi pupuk,” ujar Mahyeldi.

Selain itu, jelas Mahyeldi, Pemprov Sumbar juga akan membangun rest area di batas provinsi, seperti di Sako dan Silaut, Gubernur meminta Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dapat mempersiapkan lahan terkait pembangunan infrastruktur itu nantinya.

“Kita juga meminta sinergitas antara dinas terkait untuk membuat roadmap pembenahan Kerajaan Inderapura,” ucap Mahyeldi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dalam tanggapannya mengatakan Pessel memiliki potensi dalam usaha di bidang perikanan seperti budidaya lobster, udang dan ikan kerapu.

Baca juga: Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Ingatkan Pejabat dan ASN Pilkada Sudah Selesai, Saatnya Layani Semua Warga 

“Kita juga potensi di bidang peternakan, Pessel memiliki dua plasma nutfah asli yakni Itik Bayang dan Sapi Pasisia. Pemprov Sumbar akan kembangkan itu,” kata Audy. [zfk]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist