Video Viral Harimau Sumatra Adang Ekskavator di Kawasan Hutan Sumbar

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Sebuah video viral, seekor harimau sumatra mengadang alat berat atau ekskavator di kawasan hutan di Sumatra Barat (Sumbar). Dalam video, terlihat harimau tidak mau beranjak walaupun sudah disorot dengan lampu oleh operator ekskavator.

Video tersebut diunggah di TikTok oleh akun @dionglend dengan nama pengguna Dinatha pada Minggu (25/7/2021) sore. Video itu diberi caption, “Sopir alat berat dihalangi harimau”.

Dilihat Padangkita.com, pada video tersebut terlihat jelas seekor harimau berdiri persis di depan ekskavator karena diberi penerangan cahaya. Satwa langka dan dilindungi itu menghadap ke orang yang memberikan penerangan dan mengambil video.

Dalam video itu pula, terdengar dua orang pria yang berkomunikasi dalam bahasa Minang sembari merekam video. Salah seorang mengutarakan posisinya yang dekat sekali dengan satwa yang bernama Latin Panthera Tigris Sumateraetersebut.

Sadakok iko a, kasa na kini wak dakok an mungkin kini dapek ma (sedekat ini. Besar sekali, saya dekatkan (ekskavator) mungkin dapat) ” ujar pengambil video dalam bahasa Minang.

Kemudian, pria tersebut dan rekannya tersebut meminta harimau tersebut pergi dari hadapan mereka.

Mailak la lai nyiak, bapo kok bapatuik an jo kami, kami takuik nyiak (menghindarlah nyiak/sebutan untuk harimau, kenapa memperhatikan kami terus, kami taku),” ucapnya.

Namun, sejauh ini belum diketahui persis bagaimana kelanjutan dari video tersebut. Di akhir video, harimau tersebut terlihat masih berada di depan ekskavator. Kapan dan di mana video diambil, sejauh ini juga belum diketahui. Namun, kemungkinan besarnya adalah di kawasan hutan di Sumbar.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar), Ardi Andono yang dikonfirmasi soal video tersebut, mengaku belum mengatahui. Namun, ia menyatakan segera menelusuri kebenaran video tersebut.

“Di mana (Lokasinya), baik saya cek,” katanya dihubungi Padangkita.com melalui kontak WhatsApp-nya.

Baca juga: Harimau Sumatra di Pasbar yang Viral di Media Sosial Diberi Nama “Kanti Marama”

Sebelumnya, video seekor harimau yang mengikuti petugas perkebunan sawit di Pasaman Barat (Pasbar), juga sempat viral. Harimau itu kemudian ditangkap oleh petugas BKSDA dan telah dievakuasi ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (BMSBK) Bukittinggi. Setelah diobservasi, rencananyan harimau tersebut akan dilepasliarkan lagi. [mfz/pkt]

Terpopuler