Usai Mengupak Toko di Rawang, Seorang Sopir Langsung Beli Mobil dan 2 Ponsel

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Polisi meringkus seorang pria di kawasan Pampangan, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Rabu (8/9/2021) sekitar pukul 20.00 WIB. Pria itu diamankan polisi terkait kasus pengupakan toko dan rumah.

Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda menyebutkan, pria itu berinisial RA, 39 tahun, warga Koto Baru Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang yang kesehariannya bekerja sebagai sopir.

Kata Rico, pria tersebut dibekuk berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/B/452/IX/2021/SPKT/POLRESTA PADANG/POLDA SUMATERA BARAT yang dilaporkan oleh korban.

Saat penangkapan berlangsung, kata Rico, pelaku dilumpuhkan polisi dengan menembak kaki bagian kanannya karena berusaha melawan dan kabur.

“Kini pelaku kami amankan di Mapolresta untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Rico kapada Padangkita.com, Kamis (9/9/2021) pagi.

Rico menjelaskan, pelaku melancarkan aksi pada Sabtu (4/9/2021) lalu, sekitar pukul 03.00 WIB di sebuah toko di Jalan Sutan Syahrir, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Dalam aksinya, pelaku menggasak sejumlah barang berharga yang ada di dalam toko tersebut, seperti kalung emas, liontin, sejumlah rokok, hingga  uang tunai Rp85 juta. Total kerugian korban mencapai Rp195 juta.

“Saat kami periksa, pelaku mengakui perbuatannya (mencuri),” jelas Rico.

Dari hasil pemeriksaan itu pula, lanjut Rico, pelaku mengakui bahwa uang hasil curiannya itu dipergunakan untuk membeli satu unit mobil, dua handphone dan sejumlah barang lainnya.

Sehingga, saat pengumpulan barang bukti hasil curian, polisi hanya menemukan puluhan kotak rokok berbagai macam merek yang disimpan pelaku di rumahnya. Namun, polisi tetap akan mengamankan barang yang telah dibeli pelaku.

Baca juga: Pemilik Warung Sibuk Buat Pop Ice, Pria Ini Langsung Sikat Handphone di Jok Motor

Dari keterangan korban, tambah Rico, aksi pencurian itu mulanya diketahui saat korban melihat pintu belakang tokonya dalam keadaan rusak serta pagar dinding yang terbuat dari seng yang semula tertutup rapat telah terbuka.

“Pelaku mencongkel pintu tersebut dengan sebuah obeng,” ujar Rico. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist