Update Jumlah Sapi Sembuh PMK di Pesisir Selatan

Penulis: Isran Bastian

Painan, Padangkita.com – Update Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi di sejumlah daerah di Sumbar, jumlahnya mulai mengalami penurunan, salah satunya di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Hingga saat ini di Pessel tercatat sudah 46 ekor sapi yang sembuh PMK. Angka itu dari total 177 ekor sapi yang sakit berdasarkan data yang didapatkan di lapangan per tanggal 1 Juli 2022.

Kepala Dinas Pertanian Pessel, Madrianto menjelaskan, pihaknya sebelumnya sudah melakukan vaksin PMK terhadap 400 ekor sapi di daerah itu.

“Jumlah itu berdasarkan dosis vaksin PMK yang kita terima dari Kementan RI,” jelasnya di Painan, dilansir Padangkita.com, Minggu (3/7/2022).

Dia menambahkan, pemberian vaksin PMK sebanyak 400 dosis itu telah selesai dilakukan sejak Kamis (30/6/2022) lalu.

“Pemberian vaksin terakhir sebanyak 100 dosis dilakukan di Kecamatan IV Jurai. Sebelumnya kita juga telah melakukan di tiga wilayah tugas Puskeswan di daerah ini, dengan masing-masing sebanyak 100 dosis,” jelasnya.

Disampaikannya bahwa 400 dosis vaksin itu dilakukan di wilayah Puskeswan Lunang Silaut sebanyak 100 ekor, Puskeswan Inderapura sebanyak 100 ekor, Puskeswan Tarusan sebanyak 100 ekor, dan terakhir di Puskeswan Kecamatan IV Jurai sebanyak 100 ekor pula.

Baca Juga: Kasus PMK di Tanah Datar Capai 815 Ekor Ternak, Minat Berkurban Tak Berkurang

“Pemberian vaksin itu hanya dilakukan pada hewan atau ternak sapi yang sehat,” tutupnya. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist