Untuk Tracking Kasus Covid-19, Kabupaten/Kota Bisa Manfaatkan Mobil Swab Keliling Dinkes Sumbar

Penulis: Redaksi

Padang, Padankita.com – Untuk mendukung upaya kabupaten/kota melakukan tracking atau pelacakan kasus Covid-19, Pemprov Sumatra Barat (Sumbar) telah menyediakan mobil swab keliling.

Mobil tersebut kini berada pada Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumbar. Selain melakukan tes usap atau swab antigen, pelayanan pada mobil ini juga bisa melakukan tes PCR (polymerase chain reaction).

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Ary Yuswandi menyebutkan UPTD Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumbar tersebut bisa dimanfaatkan oleh kanbupaten/kota.

Launching mobil swab keliling dilakukan pada tanggal 24 Mei 2021 di halaman kantor Gubernur Sumatra Barat oleh Gubernur Mahyeldi dan unsur Forkopimda Provinsi Sumatra Barat,” ujarnya.

Ary menyampaikan, mobil yang dapat melakukan swab gratis pemeriksaan PCR ini memang direncanakan untuk membantu kabupaten/kota melakukan tracking kasus Covid-19.

“Kegiatan ini sudah dilakukan di Kota Sawahlunto pada tanggal 7 Juli, pada saat kegiatan HUT Bhayangkara bersamaan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kegiatan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto Bidang Yankes. Pada kegiatan yang dilaksanakan di Sawahlunto dilakukan pengambilan sampel sebanyak 23 orang,” katanya

Ia juga menyampaikan pada tanggal 23 Juli 2021 di Kota Solok mobil swab keliling ini juga telah melakukan kegiatan serupa.

Baca juga: Mobil Swab PCR Keliling Beroperasi, Mahyeldi Minta Kabupaten dan Kota Juga Punya

Sejauh ini, lanjut dia, mobil swab keliling ini baru satu uni. Sehingga penggunaannya dapat menyesuaikan dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh kabupaten/kota. (*/pkt)

Terpopuler