Mobil Swab PCR Keliling Beroperasi, Mahyeldi Minta Kabupaten dan Kota Juga Punya

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sumbar kini punya mobil swab PCR (polymerase chain reaction keliling.

Padang, Padangkita.com – Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) kini punya mobil swab PCR (polymerase chain reaction) keliling. Mobil itu telah mulai beroperasi setelah diluncurkan oleh Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, Senin (24/5 /2021).

Keberadaan mobil swab PCR keliling ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Sumbar. Saat ini, lonjakan kasus telah menempatkan provinsi ini mendekati zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19. Laporan Satgas Covid-19, dari 19 daerah, 1 daerah masuk zona merah, 15 zona oranye (risiko sedang) dan 5 daerah zona kuning atau risiko renda.

Selain itu, sejak 4 Hari terakhir, tambahan kasus harian di Sumbar rata-rata di atas 200 kasus per hari. Bersamaan dengan itu jumlah angka kematian di atas lima orang per hari. Angka kasus aktif Covid-19 di Sumbar mencapai 3.000-an kasus. Jumlah paling banyak, melakukan isolasi mandiri.

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sumbar kini punya 12 mobil swab PCR (polymerase chain reaction keliling.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melihat mobil tes swab PCR keliling. [Foto: Dok. Humas Pemprov Sumbar]
Sebelumnya, Satgas Covid-19 Pusat, menetapkan dua daerah di Sumbar mask Zona Merah, yakni Kota Bukittinggi dan Kabupaten Solok. Satgas Covid-19 Sumbar kemudian mengoreksi, dan mengatakan Tanya 1 daerah yang mask Zona Merah, yakni Kabupaten Agam.

Mahyeldi mengatakan warga Sumbar yang terinfeksi Covid-19 terus mengalami peningkatan. Paling banyak yang terinfeksi adalah orang tanpa gejala atau OTG. Hal tersebut dikhawatirkan akan menyebarkan Covid-19 makin luas.

“Selain angka positif yang meningkat, angka kematian juga mengalami peningkatan. Maka Pemprov terus melakukan imbauan kepada masyarakat, untuk meminimalkan penyebaran ini, salah satunya dengan menghadirkan mobil swab keliling,” ungkap Mahyeldi.

Terpopuler