UNP Segera Punya Fakultas Kedokteran, Ini Persiapan yang Dilakukan

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Peluang anak-anak Sumatra Barat (Sumbar) dan daerah lain untuk menjadi dokter bakal makin terbuka. Ini sejalan dengan akan dibukanya Fakultas Kedokteran di Universitas Negeri Padang (UNP).

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dulunya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Padang ini memang terus mengembangkan program studi baru. Apalagi kini UNP telah resmi bersatus sebagai PTN Berbadan Hukum atau PTN-BH.

Sebagai bagian proses, UNP untuk tahap awal rencananya bakal membuka dulu Program Studi (Prodi). Terkait hal ini, Tim Task Force UNP mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Tim Pendamping dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand), Selasa (30/3/2022).

Rektor UNP Prof. Ganefri mengungkapkan persiapan pembukaan Prodi Kedokteran di UNP sebetulnya sudah digagas sejak tahun 2018 yang lalu. Hal ini, kata dia, dimulai dengan rekrutmen dosen dari formasi dokter.

“Setelah menyiapkan anggaran dan sarana prasarana serta dukungan dari berbagai pihak baik di daerah maupun di tingkat Dikti, UNP sangat serius menyiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran proses tersebut,” ujarnya.

Ganefri menambahkan, dengan support dari Unand, khususnya dari Fakultas Kedokteran Unand, maka Tim Task Force UNP telah menyiakan proposal pembukaan Prodi Kedokteran, membuat kesepakatan atau MoU dengan mitra RSAM Bukittinggi dan RSUD Pariaman.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Unand Dr. Afriwardi mengingatkan, dibutuhkan kesiapan yang maksimal dan dukungan atau rekomendasi dari beberapa lembaga, misalnya dari Perguruan Tinggi Pendamping, IDI, KKO, mitra rumah sakit, agar pembukaan Prodi Kedokteran di UNP sesuai dengan yang diharapkan.

Ia menyatakan pihaknya siap membantu merampungkan proposal baik dari segi kurikulum dan SDM serta sarana dan prasarana.

Baca juga: Ini 20 PTN Penerima Mahasiswa Baru Terbanyak di SNMPTN 2022, UNP Termasuk

“Diharapkan Tim Task Force menyiapkan beberapa aspek yang urgen menjelang moratorium pembukaan Prodi Kedokteran dihentikan. Selanjutnya juga dalam fase berikutnya disiapkan pendirian Fakultas Kedokteran di UNP,” ujarnya. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist