Unand Masuk Top University Ranking, Rektor Targetkan Naik Peringkat Tahun Depan

Berita Padang Hari Ini dan berita Sumbar hari Ini: Unand masuk 16 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia  menurut Lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds.

Padang, Padangkita.com – Universitas Andalas (Unand) masuk 16 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia atau top university ranking menurut Lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) yang merilis hasil QS World University Rankings (WUR) tahun 2022 pada hari Selasa 8 Juni 2021 atau Rabu 9 Juni 2021 waktu Indonesia.

Dalam rilis yang dilansir laman resmi topuniversities.com, jika diurut, Unand berada pada peringkat 13 dengan peringkat dunia pada 1.201+. Di bawah Unand ada Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan peringkat dunia 1.201+, Universitas Sebelas Maret (UNS) peringkat dunia 1.201+ dan Universitas Sumatera Utara (USU) peringkat dunia1.201+.

Sementara itu, di atas Unand, peringkat 1 hingga 12, adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) peringkat dunia: 254, Universitas Indonesia (UI)

peringkat dunia 290, Institut Teknologi Bandung (ITB) peringkat dunia 303, Universitas Airlangga (Unair) peringkat dunia 465.

Kemudian, Institut Pertanian Bogor (IPB) peringkat dunia 511-520, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), peringkat dunia 751-800, Universitas Padjadjaran (Unpad) peringkat dunia 801-1.000 dan Bina Nusantara University (Binus) peringkat dunia 1.001-1.200.

Selanjutnya, Universitas Diponegoro (Undip) peringkat dunia 1.001-1.200 dan Telkom University peringkat dunia 1.001-1.200 Universitas Brawijaya (UB) peringkat dunia 1.001-1.200 dan Universitas Hasanuddin peringkat dunia 1.001-1.200.

Ada enam aspek utama yang dinilai dalam QS WUR yakni, Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Faculty, Faculty Student Ratio, International Faculty, International Students.

Rektor Unand Yuliandi yang dihubungi Padangkita.com, mengaku bangga dengan masuknya Unand dalam daftar peringkat kampus top dunia. Ia mengatakan, capaian itu tak lepas dari kontribusi semua elemen di kampus Unand, seperti dosen, mahasiswa dan lembaga-lembaga pendukung lainnya, termasuk alumni.

“Terima kasih kepada dosen, mahasiswa, dan semua lembaga pendukung di Unand,” ujar Yuliandri, Kamis (10/6/2021).

Ia menargetkan, peringkat Unand makin naik pada tahun ke depan. Sehingga, semua program dan reputasi internasional di Unand disesuaikan dengan indikator penilaian lembaga-lembaga pemeringkat.

Baca juga: Unand Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri, Berikut Jadwal dan Pelaksanaan Seleksi

“Kini Unand telah mengembangkan kampus merdeka, dan dalam waktu dekat bersiap untuk menjadi PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Nanti, semua program akan kita dorong dan sesuaikan dengan indikator-indikator pemeringkatan kampus dunia itu,” ujar mantan Dekan Fakultas Hukum Unand ini. (fru/pkt)


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler