Unand Kembali Tempati Peringkat 8 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Universitas Andalas atau Unand kembali masuk 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Januari 2022. Persisnya, Unand berada di peringkat 8 perguruan tinggi terbaik Indonesia, dengan peringkat 1.826 dunia.

Peringkat pertama perguruan terbaik di Indonesia adalah Universitas Indonesia peringkat 728 dunia, menyusul Universitas Gadjah Mada/UGM peringkat 852 dunia, kemudian Institut Pertanian Bogor/IPB peringkat 1.092 dunia.

Berikutnya Institut Teknologi Sepuluh Nopember/ITS peringkat 1.103 dunia, Universitas Brawijaya peringkat 1.163 dunia, Universitas Airlangga/Unair peringkat 1.272 dunia, dan Telkom University peringkat 1.417 dunia.

Barulah, Universitas Andalas/Unand dengan peringat 1.826 dunia, lalu Universitas Bina Nusantara/Binus peringkat 1.949 dunia, dan Institut Teknologi Bandung/ITB peringkat 2.126 dunia.

Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi Cybermetrics Lab, kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Mereka telah melakukan pemeringkatan sejak tahun 2004, yang bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Lebih dari 31 ribu universitas di dunia yang memperoleh pemeringkatan dari Webometrics. Webometrics, mengumukan ada tiga indikator penilaian dalam menentukan peringkat universitas terbaik yakni, impact atau visibility dengan bobot 50 persen, kemudian openness/transparency bobot 10 persen, serta excellence bobot 40 persen.

Baca juga: Unand Gelar Kuliah Tatap Muka Mulai 14 Februari 2022

Sekadar diketahui, pada Agustus 2021 lalu, Unand juga menempati peringkat yang sama. Perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa ini telah berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) sejak 31 Agustus 2021.  [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist