Unand Buka Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Kaum Disabilitas, Berikut Jadwalnya 

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Penerimaan calon mahasiswa disabilitas akan masuk melalui jalur mandiri

Padang, Padangkita.com– Universitas Andalas (Unand) memberikan kesempatan bagi kaum disabilitas untuk menempuh pendidikan akademik diberbagai Program Studi (Prodi) pada tahun 2021 ini.

Pendaftaran dimulai dari tanggal 7 hingga 18 Juni 2021, dilanjutkan dengan seleksi tanggal 21 hingga 30 Juni 2021 dan hasilnya akan diumumkan pada 2 Juli 2021.

Rektor Unand Yuliandri mengatakan, pihaknya membutuhkan instrumen fisik maupun non-fisik termasuk juga ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal tersebut dibutuhkan untuk bisa mengakomodir semua kategori seperti tuna rungu, tuna wicara, dan tuna netra.

Hal tersebut disampaikannya dalam Focus Group Discussion (FGD) mengenai layanan administrasi dan pembelajaran bagi penyandang disabilitas secara online via Zoom.

“Namun, ada beberapa Prodi karena kebutuhan juga persyaratan teknis lain sebelumnya tidak semuanya menerima,” kata Yuliandri, Jumat (23/4/2021).

Meskipun demikian, tidak dijelaskan secara detail prodi apa dan berapa kuota yang dibutuhkan untuk calon mahasiswa baru.

“Ke depan dengan berbagai langkah dan kebijakan yang diambil tentu akan memberikan ruang bagi semua untuk memperoleh kesempatan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Unand Profesor Mansyurdin mengatakan, untuk penerimaan mahasiswa berkebutuhan khusus salah satu syarat yang dibutuhkan adalah surat keterangan difabel dari rumah sakit milik pemerintah.

“Penerimaan bagi calon mahasiswa disabilitas akan masuk melalui jalur mandiri,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Arif Maftuhin mengatakan, ketika satu universitas memberikan kesempatan kepada kaum disabilitas, maka harus memperhatikan segala aspek, seperti ruangan, akses kursi roda.

Baca juga: Ujian SBMPTN di Unand, Ini Tahapan dan Jadwalnya

“Secara mental, Unand lebih siap dibandingkan UIN Sunan Kalijaga sehingga saya yakin, Unand mampu memberikan layanan dengan baik bagi penyandang disabilitas ketika menempuh pendidikan tinggi,” imbuhnya. [rna]

Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler