Ekonomi

Tips Memulai Investasi Bitcoin bagi Pemula

×

Tips Memulai Investasi Bitcoin bagi Pemula

Sebarkan artikel ini
Tips Memulai Investasi Bitcoin bagi Pemula
Ilustrasi. [Foto: Istimewa]

Belakangan ini, semakin banyak orang yang tergiur untuk investasi bitcoin. Mungkin, kamu adalah salah satunya. Memang, aset kripto yang satu ini memiliki potensi besar di masa depan.

Harga bitcoin pada awal rilis pada tahun 2009 silam bahkan masih di bawah $1. Namun, nilainya kini sudah mencapai level $38,000. Meski demikian, investasi bitcoin bisa membuatmu rugi besar jika kamu kurang berhati-hati dalam prosesnya. Untungnya, resiko tersebut masih bisa dihindari dengan menerapkan berbagai tips berikut:

1. Belajar Banyak tentang Mata Uang Kripto

Mata uang kripto seperti bitcoin memiliki sistem yang jauh berbeda dengan mata uang fiat. Orang yang berpengalaman berinvestasi di pasar uang pun tidak bisa menerapkan 100% ilmunya di pasar mata uang kripto. Sebelum memulai menabung bitcoin, kamu perlu mempelajari berbagai hal penting, misalnya seperti apa itu teknologi blockchain, bagaimana cara kerja kripto, apa keunggulan dan kelemahannya, faktor resiko, dan lain sebagainya.

2. Ketahui Keunggulan Bitcoin Ketimbang Kripto Lain

Kita semua sama-sama tahu bahwa kenaikan harga bitcoin dan ketahanannya di pasar memang jauh lebih baik ketimbang mata uang kripto lainnya. Akan tetapi, itu saja tidak cukup. Kamu perlu menggali lebih dalam untuk memahami mengapa kinerja bitcoin bisa menjadi jawara di antara para kompetitornya. Dengan ini, kamu bisa mengukur sejauh apa kamu bisa mempercayai bitcoin sebagai investasi pilihanmu.

3. Pilih Platform Pertukaran Kripto yang Terpercaya

Menggunakan broker yang tepat adalah kunci keamanan investasimu. Selain mendapatkan harga bitcoin terbaik, platform pertukaran kripto terpercaya juga akan memastikan uangmu tidak akan hilang. Kamu juga perlu memilih broker yang memiliki regulasi yang jelas, adil, dan tidak berbelit-belit. Jangan lupa, pastikan juga bahwa broker tersebut melayani pembayaran dan konversi Rupiah dan atau mata uang fiat lain yang kamu gunakan saat ini. 

4. Siapkan Wallet yang Tepat

Bitcoin dan aset kripto apapun yang kamu miliki akan kamu simpan dalam sebuah wallet atau dompet digital. Ada banyak sekali platform wallet yang tersedia dan terkoneksi langsung dengan broker pilihanmu. Namun, secara garis besar, ada 3 jenis wallet yang bisa kamu pertimbangkan dan persiapkan, yaitu:

Hardware Wallet

Wallet ini berbentuk fisik yang mirip flashdisk. Meskipun mahal dan agak repot digunakan, wallet jenis ini memiliki level keamanan yang paling tinggi.

Software Wallet

Wallet ini berbentuk aplikasi digital yang bisa di-install di smartphone, tablet, maupun komputer. Wallet jenis ini paling banyak digunakan karena cukup aman, mudah, dan harganya masih terjangkau.

Web Wallet

Wallet ini bisa diakses dari browser, tanpa perlu install apapun. Meski sangat mudah dan murah, jenis wallet ini merupakan yang paling rentan menjadi target serangan siber.

5. Pahami Bagaimana Menjaga Keamanan Wallet

Salah satu resiko kerugian investasi kripto adalah kehilangan dan kebobolan akses wallet. Kebanyakan kasus yang terjadi hanyalah karena pemilik aset gagal memahami cara menjaga keamanan wallet mereka. Idealnya, kamu perlu mempelajari cara kerja wallet kripto agar paham betul hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Beberapa tips yang paling penting diketahui oleh pemula antara lain:

  • Jaga agar tidak ada orang lain yang mengetahui private key-mu.
  • Tuliskan private key dan recovery phrase secara fisik, lalu simpan di tempat yang rahasia.
  • Gunakan two-factor authentication dan password yang rumit untuk akun broker dan wallet.
  • Hindari bertransaksi dengan jaringan WiFi yang tidak aman.
  • Jangan menyimpan aset dalam jumlah besar di web wallet.

6. Pelajari Cara Melakukan Analisis

Selayaknya aset investasi lainnya, harga bitcoin juga mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu. Sebagai investor, kamu perlu tahu kapan nilai asetmu akan mengalami kenaikan dan penurunan. Analisis teknikal dan fundamental adalah keahlian yang perlu kamu pelajari untuk menentukan waktu yang tepat untuk mencairkan atau menambah aset. Ilmu analisis bukanlah hal yang bisa dipelajari semalam. Semakin sering kamu belajar dan mempraktekkannya, kamu akan semakin mahir.

7. Siapkan Dana Terpisah

Investasi bukanlah dana yang bisa kamu tarik sewaktu-waktu. Mencairkan aset kripto saat harga bitcoin sedang turun bisa menyebabkan kerugian investasi. Oleh karena itu, kamu wajib menyiapkan dana khusus untuk investasi bitcoin. Jangan gunakan uang hidup harian, uang yang dialokasikan untuk hal lain, ataupun uang yang bukan milikmu.

Persiapan dan strategi yang tepat bukan hanya akan membuat investasimu aman, namun juga akan mengoptimalkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kenaikan harga bitcoin. Jangan lupa untuk terus belajar dan mengikuti berita perkembangan mata uang kripto untuk memastikan aset tetap aman dan berharga.