Tingkatkan Peran, PKK Kota Pariaman Ikuti Bimtek

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Untuk meningkatkan peranan TP-PKK di Kota Pariaman, TP PKK Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memberikan pembinaan dan bimbingan teknis kepada TP PKK Kota Pariaman.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Balaikota Pariaman, Jumat (30/9/2022) ini dibuka oleh Wali Kota Pariaman yang diwakili oleh Kepala DPMD Kota Pariaman, Hendri.

Hendri menyatakan, bahwa PKK sangat dekat dengan pengambil kebijakan baik itu di Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, maupun Desa sampai tingkat bawah, karena merekalah ujung tombak dari jalannya roda pemerintahan, sehingga program revitalisasi PKK masuk dalam RPJMD Kota Pariaman dan satu-satunya di Indonesia yang mencantumkan sebagai program unggulannya.

“Kegiatan ini merupakan peluang yang harus kita manfaatkan, sehingga program-program PKK ini bisa diterapkan dengan baik sampai ke tingkat desa. Gunakanlah peluang ini dengan baik supaya PKK bisa menjadi berdaya dan bisa memberdayakan masyarakat Kota Pariaman”, ulas Hendri.

Wakil ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny. Fitria Amalia Audy mengatakan bahwa, pembinaan ini penting dilaksanakan untuk meningkatkan silaturahmi dan menyosialisasikan kembali program unggulan dari masing-masing pokja dan sekretaris. Kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi dan wawasan terkait PKK kepada TP PKK Kota Pariaman.

“Setiap program kegiatan tersebut, disesuaikan dan diselaraskan dengan program dan kebijakan pemerintah daerah, serta dalam penerapannya harus menggunakan pendekatan partisipatif dan kerjasama lintas sektor”, terang Ny. Fitria.

Ny. Fitria menegaskan, agar mengefektifkan pelaksanaan kegiatan PKK dalam pembinaannya secara berjenjang ke tingkat kecamatan, desa/kelurahan, serta kelompok dasawisma, secara berkelanjutan.

Sementara ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius juga menyampaikan bahwa, PKK Kota Pariaman telah mendapatkan dukungan dana yang cukup maksimal melalui APBD Kota Pariaman, mulai dari kota, kecamatan, desa/kelurahan, sampai ke kelompok dasawisma.

“Selain menjalankan 10 program pokok PKK, kami juga terlibat mendukung program OPD di bidang ketahanan pangan, menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), stunting, PKDRT, dan kegiatan prioritas lainnya”, jelas Ny. Lucyanel.

Baca Juga: Wako Pariaman Genius Umar Kunjungi Korban Bencana Salurkan Bantuan

Adapun pembinaan yang diberikan kepada TP PKK Kota Pariaman, mulai dari sekretariat, pokja I-IV adalah berupa kegiatan gerakan PKK, baik kelembagaan, tertib administrasi, PAAREDI, UP2K, Aku Hatinya PKK, PHBS Plus serta untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi dan mencarikan solusinya. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist